Koalisi Indonesia Bersatu Isyaratkan Perluas Anggota Jelang Pilpres

Ade Rosman
6 Oktober 2022, 16:45
KIB usung capres
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa Rabu (10/8/2022).

Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Yandri Susanto menyatakan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak terpengaruh dengan deklarasi calon presiden oleh Partai Nasional Demokrat dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). KIB masih akan fokus untuk konsolidasi di masing-masing internal partai. 

"Jadi, kalau ada informasi majelis penasihat atau kader PAN dukung salah satu calon, itu mungkin pendapat pribadi. Tapi secara kelembagaan, secara kepartaian, kami pastikan PAN belum keluarkan secara resmi siapa yang diusung sebagai capres," kata Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (6/10). 

Advertisement

Menurut Yandri untuk urusan pencapresan hingga saat ini KIB belum mengerucutkan pada satu nama. Diperkirakan soal capres baru akan final pada akhir tahun. Untuk di internal PAN, nama capres akan ditetapkan dalam rapat kerja nasional (Rakernas). 

Meski belum mengumumkan nama capres, Yandri mengatakan KIB masih membuka diri terhadap partai lain. Bahkan tidak menutup kemungkinan keanggotaan KIB akan menggemuk tidak hanya diisi oleh PAN, Golkar, serta PPP.

"Justru PAN mengajak banyak orang, semakin banyak, semakin bagus untuk koalisi di 2024. Semakin bersama-sama semakin bagus,” ujar Yandri. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement