Tanggapi Desakan Reshuffle untuk Nasdem, PAN: Terserah Pak Jokowi

Ade Rosman
12 Oktober 2022, 16:39
Reshuffle Nasdem
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyampaikan pidato politiknya pada penutupan Rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Yandri Susanto mengatakan partainya tak terlalu ambil pusing dengan bergulirnya desakan reshuffle untuk menteri yang berasal dari Partai Nasional Demokrat. Partai menyerahkan urusan reshuffle pada Presiden Joko Widodo. 

"Kalau masalah reshuffle dari partai manapun dan posisi apapun kan terserah Pak Jokowi," kata Yandri kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (12/10).

Isu reshuffle kabinet digaungkan beberapa relawan Jokowi menyusul pendeklarasian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden oleh partai nasdem. Sindiran juga sempat dilayangkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dengan menyebut ‘biru’ keluar dari pemerintahan. 

Menurut Yandri, saat ini partainya akan lebih fokus untuk menyukseskan agenda internal. PAN juga tidak akan mencampuri agenda dari partai lain. 

"Tidak mesti dari NasDem, partai lain juga kalau kata pak Jokowi layak tentu di-reshuffle. Hak Jokowi itu, kami gak bisa ikut campur," ujar Yandri. 

Desakan agar Jokowi segera mendapak menteri-menteri Nasdem dari kabinet sebelumnya telah disampaikan relawan Jokowi. Pada Senin (10/10) relawan Jokowi bahkan menggelar aksi di samping istana. Tiga menteri Nasdem yang diusulkan dicopot adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G. Plate.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...