PDIP ‘Hadiahi’ Ganjar Sanksi Lisan Usai Nyatakan Siap Nyapres

Ade Rosman
24 Oktober 2022, 18:47
PDIP panggil Ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/10/2022). Kedatangan Ganjar Pranowo itu untuk memenuhi panggilan DPP PDI Perjuangan guna mengklarifikasi pernyataannya soal siap menjadi calon presiden (capres) 2024.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat sanksi berupa teguran lisan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sanksi diterima Ganjar setelah menyatakan siap maju sebagai calon presiden. 

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun mengungkapkan sanksi yang diberikan kepada Ganjar merupakan bentuk penertiban partai. Meski begitu ia mengakui pernyataan Ganjar tidak melanggar aturan partai. ‘

"Pernyataan itu tidak melanggar aturan, tapi menimbulkan multitafsir, maka kami jatuhkan teguran lisan," kata Komarudin, di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/10).

 Menurut Komarudin sebagai kader senior PDIP Ganjar seharusnya bisa lebih bijak dalam mengeluarkan pernyataan. Apalagi bila pernyataan yang dikeluarkan berkaitan dengan isu yang sedang hangat diperbincangkan. 

"Karena dia kader ini bukan baru masuk, termasuk senior. Pertama kali masuk di Papua lakukan kaderisasi di sana, oleh sebab itu beliau harus lebih disiplin," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan terkait capres dan cawapres merupakan hak prerogatif ketua umum. Karena itu, semua kader harus bersabar menunggu arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...