Dijatuhi Sanksi Lisan Soal Nyapres, Ganjar: Terima Kasih PDIP

Ade Rosman
24 Oktober 2022, 19:16
PDIP sanksi Ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat sanksi berupa teguran lisan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sanksi itu ia dapat setelah menyatakan kesiapan sebagai calon presiden dalam sebuah wawancara dengan televisi swasta beberapa waktu lalu. 

Sanksi teguran disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun usai melakukan klarifikasi kepada Ganjar atas pernyataannya. Sidang klarifikasi itu juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Klarifikasi dilakukan di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/10).

Usai mendapat teguran lisan, Ganjar terlihat santai dan tenang. Alih-alih marah, ia malah berterima kasih kepada partai yang telah membesarkannya di dunia politik. 

"Saya terima kasih dari Pak Sekjen, Dewan Kehormatan, yang tadi sudah memberikan banyak penjelasan, clearance pada statement saya,” ujar Ganjar usai menjalani sidang klarifikasi. 

 Menurut Ganjar, sebagai kader yang tumbuh bersama PDIP ia akan taat dengan ketentuan yang telah digariskan partai. Ia menilai sanksi lisan yang diterima merupakan bagian dari cara partai mengingatkan para kader dalam menjalankan komunikasi publik. 

Selain itu, Ganjar juga mengamini pernyataan Hasto bahwa urusan pencapresan merupakan wilayah Ketua Umum. Dengan begitu ia menyatakan akan tunduk pada ketentuan partai. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...