Survei: Suara Golkar-PDIP Gembos Banyak, Demokrat-Gerindra Membengkak

Ira Guslina Sufa
25 Oktober 2022, 16:32
Survei partai
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas menunjukkan adanya perubahan suara partai-partai di mata pemilih. Dibandingkan survei yang dirilis Juni 2022 lalu, sebanyak tiga partai dengan raihan suara di atas 3 persen mengalami penurunan. 

Dalam paparan surveinya, Litbang Kompas membagi partai-partai ke dalam tiga kelompok. Pada papan atas diisi oleh empat partai yang mendapat suara di atas 10 persen pada survei Juni lalu. Mereka adalah Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. 

Survei dilakukan pada 24 September hingga 7 Oktober 2022 dengan melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan metode sistematis bertingkat. Adapun tingkat kepercayaan publik pada survei ini  mencapai 95 persen, dan margin of error penelitian sekitar 2,8 persen.

Berdasarkan hasil survei, Partai Demokrat mengalami kenaikan cukup signifikan dari 11,6 persen menjadi 14 persen. Ada juga Partai Gerindra yang naik dari 12,5 persen pada Juni 2022 menjadi 16,2 persen. 

Berbeda dengan Demokrat dan Gerindra, PDIP justru mengalami penurunan suara dari 22,8 persen menjadi 21,1 persen. Sedangkan Partai Golkar mengalami penurunan cukup signifikan dari 10,3 persen menjadi 7.9 persen. Penurunan yang dialami Golkar sekaligus mendepak partai pimpinan Airlangga Hartarto ini dari papan atas. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...