Curhat AHY Soal Cawapres Pendamping Anies: Hanya Ada Maju ke Depan

Ira Guslina Sufa
27 Oktober 2022, 10:56
AHY cawapres
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Warga menggunakan topeng wajah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti jalan sehat Demokrat untuk rakyat di Alun-alun Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (25/9/2022).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akhirnya bukan suara soal penentuan calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Hal itu dilakukan usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh di Wisma Nusantara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/10). 

Menurut AHY, pertemuan dengan Surya Paloh lebih banyak membicarakan berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Diskusi dilakukan cukup intens sambil makan siang bersama. Pertemuan berlangsung sehari setelah AHY berbicara empat mata dengan calon presiden dari Nasdem Anies Baswedan. 

“Kami diskusi tidak hanya tantangan masalah Indonesia dan dunia hari ini, tapi kami juga berbicara, apa yang bisa kami lakukan bersama-sama ke depan,” ujar AHY seperti dikutip dari akun instagram @agusyudhoyono, Kamis (27/10). 

 AHY mengatakan, dalam pembicaraan dengan Surya Paloh, mereka berdua sepakat untuk selalu membangun komunikasi dan berkolaborasi. Ia yakin hasil yang diperoleh dengan kerjasama akan lebih baik. AHY mengklaim Demokrat bersama Nasdem akan bersama-sama melahirkan gagasan baru untuk kemajuan bangsa. 

 Saat ini Partai Nasdem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. Sedangkan Demokrat meski belum mengumumkan deklarasi dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta itu, telah menyatakan dukungan secara lisan pada beberapa kesempatan. Demokrat bersama Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera telah membentuk tim kecil dalam menyusun strategi pemenangan Anies pada pilpres 2024 mendatang. 

 Ihwal pemilihan calon wakil presiden pendamping Anies pada pilpres, AHY mengatakan partainya masih akan melihat dinamika politik Tanah Air. Selain itu penetapan cawapres juga akan dilakukan pada waktu yang dianggap tepat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...