GP Mania Deklarasikan Ganjar Pranowo Capres di Hari Sumpah Pemuda

Ade Rosman
28 Oktober 2022, 12:01
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) menyaksikan pertandingan final CP Football ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022).

Sejumlah relawan yang tergabung dalam Ganjar Pranowo (GP) Mania hari ini Jumat (28/10) akan mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Ketua Umum GP Mania Immanuel Ebenezer membenarkan agenda deklarasi tersebut. 

"Iya, kami akan deklarasikan hari ini di Tawangmangu,” ujar Immanuel, saat dikonfirmasi Katadata, Jumat (28/10).

Menurut Immanuel deklarasi akan dilakukan di Wonderpark Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Deklarasi dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Selain itu 28 Oktober juga merupakan hari kelahiran Ganjar Pranowo. 

Di sisi lain, ia mengatakan meski GP Mania telah menyiapkan acara, Ganjar sendiri tidak diberi tahu. Menurut Immanuel kegiatan berlangsung tanpa sepengetahuan Ketua Alumni Universitas Gadjah Mada itu.

"Mas Ganjar gak diberitahu, karena ini adalah gerakan dan dukungan dari kita. Kami gak komunikasi," kata Immanuel lagi. 

Lebih jauh ia mengatakan, Ganjar merupakan tokoh yang paling pas untuk diusung menjadi calon presiden. Meski saat ini Ganjar telah mendapat sanksi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan karena sempat berkomentar mengenai kesiapan maju dalam pilpres, Immanuel mengatakan tak mempengaruhi niat GP Mania. 

Immanuel yakin, dukungan yang terus mengalir untuk Ganjar akan membuat partai luluh dan mendukungnya sebagai capres. Apalagi saat ini teguran yang diberikan kepada Ganjar masih teguran ringan berupa peringatan lisan. 

"Itu kan sanksi minimun, sanksi maksimum nanti ya pemberian tiket untuk Ganjar maju menjadi presiden," kata Immanuel dengan nada bersemangat.

Berdasarkan poster deklarasi yang beredar, deklarasi dukungan Ganjar Pranowo oleh GP Mania akan dihadiri oleh sejumlah artis. Termasuk di dalamnya artis cilik Farel Prayoga yang viral saat bernyanyi di depan Presiden Joko Widodo pada upacara peringatan kemerdekaan RI di Istana Negara 17 Agustus lalu. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...