Alasan Deklarasi Ganjar Pranowo Capres Digelar di Tawangmangu

Ade Rosman
28 Oktober 2022, 18:26
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.
Warga membunyikan meriam bambu pada acara Festival Long Bumbung di Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022).

Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) hari ini, Jumat (28/10) mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden. Deklarasi dilakukan di Tawangmangu, Jawa Tengah, yang merupakan kota kelahiran Ganjar.

"Dengan deklarasi hari ini gerakan relawan menyambut momen bersejarah. Pertama, karena bertepatan dengan sumpah pemuda. Kedua, karena kelahiran [Ganjar] di Tawangmangu, ini bersejarah untuk Ganjar. Dan bersejarah untuk indonesia," kata Ketua GP Mania, Immanuel Ebenezer, kepada Katadata, Jumat (28/10).

Meski begitu, Immanuel mengatakan, pendeklarasian GP Mania Jawa Tengah ini dilakukan tanpa sepengetahuan Ganjar. Tim tidak berkoordinasi dengan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu ihwal deklarasi. 

“Mas Ganjar gak diberitahu, karena ini adalah gerakan dan dukungan dari kita. Kami gak komunikasi," katanya.

Lebih jauh ia mengatakan, peresmian GP Mania di Tawangmangu disebabkan oleh beberapa alasan. 

 Tempat Lahir Ganjar 

Tawangmangu merupakan kota bersejarah. Ganjar lahir di Tawangmangu Karang Anyar pada 28 Oktober 1968. Ia merupakan anak Pamuji dan Sri Suparmi. Menurut Imanuel, Ganjar menghabiskan masa kecil di sana. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...