Jokowi Sorot Resistensi Ekonomi Kawasan, Bersiap Jadi Ketua ASEAN 2023

Ira Guslina Sufa
11 November 2022, 06:11
Jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPA) di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11/2022).

Presiden Joko Widodo melakukan sejumlah pertemuan bilateral di sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Phnom Penh, Kamboja. Dalam sejumlah pertemuan, Jokowi dan para pemimpin negara juga mendiskusikan kesiapan Indonesia untuk Keketuaan ASEAN 2023 mendatang. 

Salah satu isu yang menjadi perhatian Jokowi adalah resistensi ekonomi kawasan ASEAN dalam menghadapi krisis global. Hal itu juga disampaikan oleh Presiden saat berbicara dalam dalam pertemuan pemimpin ASEAN dengan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Kamis (10/11).

"Total Produk Domestik Bruto (PDB) ASEAN masih di atas 3 triliun dolar AS dan ASEAN ekonomi terbesar ke-5 dunia. Dalam situasi guncangan finansial ini, tentu kita semua harus waspada. Kemitraan dunia usaha dan pemerintah harus makin diperkuat. Sektor swasta memiliki peran sangat penting," kata Jokowi seperti dikutip dari Antara, Jumat (11/11). 

Untuk memperkuat resiliensi ekonomi ASEAN, Jokowi menyarankan para pemimpin negara agar melakukan counter measures atau tindakan perlindungan dan kebijakan makroprudensial pemerintah yang adaptif. Hal ini bertujuan menstabilkan sistem keuangan dan menstimulasi pergerakan ekonomi dalam jangka pendek.

"Sektor swasta juga harus forward looking, artinya cermat melihat krisis, berhati-hati, tapi bergerak cepat untuk adaptasi. Kecepatan dan ketepatan beradaptasi jadi kunci resiliensi ekonomi ASEAN," kata Jokowi.

Selanjutnya, untuk membangun resistensi jangka panjang, Presiden Jokowi menekankan pentingnya peningkatan daya saing ASEAN dengan kunci inovasi. Menurut Jokowi berbagai inovasi akan mendorong untuk lebih kompetitif di masa depan. Ia menyebut ekonomi digital dan ekonomi hijau adalah masa depan ASEAN. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...