Joe Biden dan Xi Jinping akan Bertemu di Bali, Ini Isu yang Dibahas

Ira Guslina Sufa
11 November 2022, 09:12
KTT G20 Bali
Reuters
Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu Presiden China Xi Jinping di Indonesia untuk membahas berbagai isu global dan regional. Pertemuan dijadwalkan akan berlangsung di sela KTT G20, Senin (14/11). 

"Kedua pemimpin akan membicarakan upaya mempertahankan sekaligus memperdalam jalur komunikasi antara Amerika Serikat dan China selaku pengelola persaingan, dan melakukan kerja sama di mana kepentingan sejalan, terutama pada tantangan lintas negara yang berdampak terhadap komunitas internasional," kata juru bicara Karine Jean-Pierre lewat pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih seperti dikutip dari Antara, Jumat (11/11).

Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan Biden akan mengangkat isu Taiwan dan sejumlah isu HAM. 

“Kekhawatiran kami dan sekutu serta mitra kami tentang praktek ekonomi China yang membahayakan," ujar pejabat senior itu. 

Kedua pemimpin itu juga diperkirakan akan membicarakan perang Rusia di Ukraina. Pertemuan mereka akan menjadi yang pertama sejak Biden menjabat sebagai presiden.

"Presiden percaya bahwa sangat penting untuk membangun pondasi hubungan dan memastikan bahwa ini adalah aturan jalan yang mengikat persaingan kami," kata pejabat tersebut.

Biden dan Xi Jinping dipastikan akan hadir pada pertemuan para pemimpin dari negara-negara Kelompok 20 KTT G20 di Bali. Sedangkan Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak akan hadir. Putin akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. 

"Presiden Rusia akan bergabung dengan salah satu pertemuan secara virtual," kata Jodi Mahardi, juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dikutip dari Reuters, Kamis (10/11).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatakan ada 17 kepala negara anggota G20 yang mengkonfirmasi menghadiri KTT G20 secara langsung di Bali.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...