Buka B20 Summit, Shinta Kamdani Pamer Matahari dan Seafood Bali

Ira Guslina Sufa
13 November 2022, 10:15
B20 Indonesia Summit
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/wsj.
Sejumlah penari tampil memeriahkan pembukaan B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (13/11/2022).

Ketua penyelenggara B20 Indonesia Summit 2022 Shinta W Kamdani mengajak seluruh peserta B20 berpartisipasi aktif mensukseskan gelaran pembuka KTT G20. Dalam pidato pembukaannya, Shinta menyinggung tentang keindahan dan berbagai hal menarik yang bisa dinikmati para delegasi selama berada di Bali. 

“Kami sangat menyambut kedatangan para delegasi dari seluruh dunia. Di pulau surga Bali dengan indahnya matahari terbenam, kelapa yang menyegarkan dan hidangan seafood yang lezat,” ujar Shinta disambut tepuk tangan hadirin Minggu (13/11). 

Kegiatan B20 Indonesia Summit 2022 hari ini dibuka dengan penampilan tari nusantara. Para penari memakai kostum tradisional dengan kostum bermandi cahaya. Beberapa nyanyi daerah dari Aceh sampai Papua yang diperdengarkan menambah semangat acara. 

Dalam sambutannya, Shinta mengatakan kegiatan B20 diharapkan bisa melahirkan berbagai inovasi dan kolaborasi untuk memulihkan ekonomi dunia setelah hampir tiga tahun dirundung pandemi. 

“Kami telah mempersiapkan berbagai kemajuan dalam mendukung presidensi G20 untuk terus mendorong batas pemikiran menawarkan perspektif baru dalam menghadapi berbagai tantangan,” ujar Shinta. 

Menurut Shinta, Indonesia telah mengadopsi berbagai langkah untuk mendorong lahirnya ekonomi berkelanjutan. Tidak hanya itu, pemerintah juga telah melakukan berbagai terobosan untuk memastikan lahirnya ekonomi hijau yang mengacu pada SDGs. 

“Kami telah membangun komunikasi dan merekomendasikan berbagai kebijakan untuk dibawa dalam G20, dan kami terus mendorong kerjasama untuk mencapai kemajuan bersama,”ujar Shinta. 

Shinta mengatakan gelaran B20 Indonesia Summit 2022 kali ini diikuti lebih dari 100 pembicara dari 30 negara. Sedangkan kepesertaan pada kegiatan ini tercatat lebih dari 2000 peserta yang berasal dari 69 negara. Menurut Shinta jumlah kepesertaan pada event  kali ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah pelaksanaan B20. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...