Dilarang FIFA, Tim Eropa Batal Pakai Ban Lengan OneLove di Piala Dunia

Ira Guslina Sufa
22 November 2022, 15:42
Piala Dunia
Kemlu
Piala Dunia 2022

Kapten tim nasional dari tujuh negara Eropa memastikan tidak akan mengenakan ban lengan ‘OneLove’ di Piala Dunia 2022. Tujuh negara itu adalah Inggris, Wales, Belgia, Belanda, Swiss, Jerman dan Denmark. 

Pernyataan sikap itu dibuat setelah federasi sepakbola dunia FIFA mengeluarkan pernyataan keras soal larangan penggunaan ban lengan warna-warni. Dalam pernyataannya FIFA menyatakan akan memberi sanksi kartu kuning untuk setiap pemain yang melanggar ketentuan. 

“FIFA sangat jelas akan menjatuhkan sanksi olahraga jika kapten kami mengenakan ban lengan warna-warni di lapangan,” jelas pernyataan bersama kapten tim seperti dikutip dari Reuter, Selasa (22/11). 

Penggunaan ban lengan ‘OneLove’ sebelumnya diklaim sebagai cara dari para pemain bola Eropa untuk menyatakan pentingnya inklusivitas dan penghapusan tindakan diskriminasi dari berbagai bidang. Kapten Inggris Harry Kane sebelumnya sempat menyatakan keinginan untuk mengenakan ban itu jelang laga melawan Iran di Grup B. Namun, setelah pernyataan bersama, Kane urung mengenakan ban lengan ‘OneLove” Tak hanya Kane, kiper Jerman Manuel Neuer juga berencana mengenakan ban ‘OneLove” 

“Sebagai federasi nasional, kami tidak dapat menempatkan pemain kami dalam posisi di mana mereka dapat menghadapi sanksi olahraga termasuk kartu kuning, jadi kami telah meminta kapten untuk tidak mencoba mengenakan ban lengan dalam pertandingan Piala Dunia FIFA,” tulis pernyataan bersama itu. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...