Profil 32 Negara Peserta Piala Dunia 2022, Julukan dan Daftar Pemain

Ira Guslina Sufa
20 November 2022, 16:28
Piala dunia
FIFA
Piala Dunia 2022

Gelaran Piala Dunia 2022 mulai bergulir hari ini MInggu (20/11). Sebanyak 32 negara yang terbagi dalam delapan grup siap memperebutkan gelar juara. 

Dimulainya gelaran Piala Dunia 2022 akan ditandai dengan opening ceremony yang berlangsung di Stadion Al Bayt.  Upacara pembukaan dilanjutkan dengan pertandingan perdana antara dua penghuni Grup A, tuan rumah Qatar dan Ekuador. 

Gelaran piala dunia menjadi momen yang ditunggu oleh para pecinta bola lantaran menghadirkan sepak bola kelas dunia. Apalagi timnas masing-masing negara akan diperkuat oleh para bintang yang biasanya bertanding untuk klub sepakbola kebanggaan. Pada piala dunia, para bintang akan memperkuat tim nasional dengan nasionalisme tinggi. 

Pemain andalan Brazil, Neymar, yang menjadi pemain termahal dunia sudah bersiap menghadapi Piala Dunia ketiganya dengan bekal performa bagus bersama Paris Saint Germain. Pemain berusia 30 tahun itu mencetak 13 gol dengan 11 assist dalam 19 pertandingan Ligue 1 dan Liga Champions.

Bagi Prancis yang merupakan juara pada Piala Dunia 2018, gelaran tahun ini akan menjadi berat lantaran peraih Ballon d'Or Karim Benzema dipastikan absen dari turnamen di Qatar. Striker Real Madrid berusia 34 tahun mengalami cedera sehingga tidak bisa ikut berlaga. 

Pada Sabtu (19/11) Benzema sudah ikut berlatih untuk pertama kalinya sejak tim juara bertahan Piala Dunia itu berkumpul. Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) kemudian mengatakan bahwa cedera yang dialami membutuhkan masa pemulihan selama tiga pekan. 

"Saya ikut sedih sekali untuk Karim yang menganggap Piala Dunia ini tujuan utamanya," kata pelatih Prancis Didier Deschamps seperti dikutip AFP.

Selanjutnya bagaimana profil 32 negara yang akan berlaga pada Piala Dunia 2022 ini. Berikut ulasannya. 


1. Profil Timnas Qatar Piala Dunia 2022

Julukan: The Maroon 

Pada Piala Dunia 2022 Qatar merupakan negara tuan rumah. Selain diuntungkan dengan posisi tuan rumah, tim Qatar juga didukung tim yang solid sebagai juara Asia. 

Julukan tim nasional Qatar adalah The Maroon. Tim ini lolos ke Piala Dunia 2022 dengan mulus tanpa menjalani babak kualifikasi. Hal ini lantaran posisi Qatar sebagai tuan rumah. 

Skuad Qatar merupakan pemain yang solid karena sudah lama bermain dalam satu tim. Kebanyakan pemain nasional Qatar merupakan jeboran Aspire Academy dan bermain di liga lokal. 

Tim Qatar di bawah pelatih Felix Sanchez mayoritas merupakan tim yang sama dengan saat mereka menjadi pemenang Piala Asia. 

Susunan Pemain Qatar 

Kiper: Saad Al Sheeb, Meshaal Barsham, Yousuf Hassan 

Bek: Pedro Miguel, Musaab Khidir, Tarek Salman, Bassam Al Rawi, Khoukhi Boualem, Abdelkarim Hassan, Ismael Mohammed, Homam Al Amin 

Gelandang: Jassim Jabir, Ali Asad, Mohammed Waad, Salem Al Hajri, Assim Modibo, Mustafa Meshaal, Karim Boudiaf, Abdulaziz Hatim, Naif Alhadhrami 

Penyerang: Hassan Al-Haydos, Akram Afif, Almoez Ali, Mohammed Muntari, Ahmed Alaa, Khalid Muneer

 2. Profil Timnas Ekuador Piala Dunia 2022

Julukan: La Tri 

Tampil di Piala Dunia 2022, Ekuador mengandalkan pemain muda. Julukan tim Ekuador adalah La Tri. Negara ini masuk ke piala dunia setelah berada di posisi keempat di bawah Brasil, Argentina, dan Uruguay. 

Dalam sejarah piala dunia, Ekuador bukan anak baru. Mereka pernah masuk pada 2002, 2006, dan 2014. Tim Ekuador akan tampil perdana melawan Tuan Ramah Qatar pada laga kick off. 

Susunan Pemain Ekuador 

Kiper: Alexander Dominguez, Hernan Galandez, Moises Ramirez

Bek: Pervis Estupinan, Angelo Preciado, Piero Hincapie, Xavier Arreaga, Diego Palacios, Jackson Porozo, Robert Arboleda, Felix Torres, William Pacho 

Gelandang: Moises Caicedo, Jose Cifuentes, Alan Franco, Jhegson Mendez, Carlos Gruezo, Gonzalo Plata, Angel Mena, Ayrton Preciado, Romario Ibarra, Jeremy Sarmiento 

Penyerang: Enner Valencia, Michael Estrada, Djorkaeff Reasco, Kevin Rodriguez

3. Profil Timnas Senegal Piala Dunia 2022

Julukan : Lions of Teranga 

Federasi Sepak Bola Senegal (FSF) dibentuk pada 1960. Tim dengan julukan Lions of Teranga ini mencatat debut di Piala Dunia pada 2002. Pada laga perdana Senegal tampil mengejutkan dengan mengalahkan Prancis 1-0. Di tahun yang sama mereka berhasil menahan imbang Denmark dan Uruguay.

Tampil gemilang di Piala Dunia 2002 tak berlanjut pada tiga kali piala dunia berikutnya. Senegal kembali tampil di Piala Dunia 2018 namun kalah di babak penyisihan grup. 

Susunan Pemain Senegal 

Kiper: Edouard Mendy, Alfred Mendy, Seny Dieng 

Bek: Youssouf Sabaly, Abdou Diallo, Kalidou Koulibaly, Fode Ballo-Toure, Pape Abou Cisse, Ismail Jakobs, Formose Mendy 

Gelandang: Idrissa Gana Gueye, Cheikhou Kouyate, Nampalys Mendy, Krepin Diatta, Pape Gueye, Pape Matar Sarr, Pathe Ciss, Nama Moustapha, Loum Ndiaye 

Penyerang: Sadio Mane, Ismaila Sarr, Boulaye Dia, Bamba Dieng, Famara Diedhiou, Nicolas Jackson, Iliman Ndiaye

 4. Profil Timnas Belanda Piala Dunia 2022

Julukan: de Oranje

Belanda menjadi negara Eropa yang langganan ikut Piala Dunia. Timnas Belanda pertama kali bertanding pada 1905 melawan Belgia. Pada Olimpiade 1908 Belanda menjadi tim yang diperhitungkan. Namun pada Piala Dunia pertama 1934, Belanda tidak ikut karena terkendala biaya untuk berangkat ke Uruguay. 

Keikutsertaan Belanda di Piala Dunia baru dimulai pada 1934 di Swiss. Masa kejayaan sepak bola Belanda terjadi pada Piala Dunia 1974 dan 1978 dengan mengusung strategi 'Total Football'. Pada piala Dunia 1974 dan 1978 ini tim De Oranje berhasil menjadi runner up. 

Meski sudah sering ikut Piala Dunia namun tim Belanda tidak pernah menjadi juara. Meski begitu para pendukung Belanda selalu terhibur dengan penampilan ciamik dari pasukan De oranje. 

Susunan Pemain Belanda 

Kiper: Justin Bijlow, Remko Pasveer, Andries Noppert 

Bek: Virgil van Dijk, Nathan Ake, Daley Blind, Jurrien Timber, Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Matthijs de Ligt, Tyrell Malacia, Jeremie Frimpong 

Gelandang: Frenkie de Jong, Steven Berghuis, Davy Klaassen, Teun Koopmeiners, Cody Gakpo, Marten de Roon, Kenneth Taylor, Xavi Simons 

Penyerang: Memphis Depay, Steven Bergwijn, Vincent Janssen, Luuk de Jong, Noa Lang, Wout Weghorst

5. Profil Timnas Inggris Piala Dunia 2022

Julukan: The Three Lions 

Inggris adalah tim sepak bola tertua di dunia.Inggris bergabung sebagai anggota FIFA pada 1906. Namun pada piala dunia pertama 1930 Inggris tidak bergabung karena tidak menjadi anggota FIFA. Inggris pertama kali ikut piala dunia pada 1950. 

Debut Inggris di Piala Dunia terjadi pada 1966 saat menjadi tuan rumah sekaligus tampil sebagai juara. Setelah itu Inggris absen di Piala Dunia karena merosotnya prestasi pemain. Inggris baru tampil lagi dan mencapai semifinal pada 1994 dan 2018. 

Susunan Pemain timnas Inggris 

Kiper: Jordan Pickford, Nick Pope, Aaron Ramsdale 

Bek: Trent Alexander-Arnold, Conor Coady, Eric Dier, Harry Maguire, Luke Shaw, John Stones, Kieran Trippier, Kyle Walker Ben White 

Gelandang: Jude Bellingham, Mason Mount, Kalvin Phillips, Declan Rice, Jordan Henderson, Conor Gallagher 

Penyerang: Marcus Rashford, Phil Foden, Jack Grealish, Harry Kane, Bukayo Saka, Raheem Sterling, Callum Wilson, James Maddison

6. Profil Timnas Iran  Piala Dunia 2022

Julukan: Tim Melli

Timnas Iran termasuk tim perkasa di Asia. Iran sekarang menjadi negara Asia dengan perangkat pertama menurut FIFA dengan posisi rangking 22 dunia.  Meski begitu selama lima kali tampil di Piala Dunia, Timnas Iran belum pernah lolos ke babak selanjutnya.

Iran tampil memukau pada Piala Dunia 2018 saat bertanding melawan Portugal dan Spanyol. Pada piala dunia 2022 ini Iran mengincar juara grup B. 

Susunan Pemain Timnas Iran 

Kiper: Alireza Beiranvand, Hossein Hosseini, Payam Niazmand, Amir Abedzadeh. 

Bek: Ramin Rezaeian, Abolfazl Jalali, Hossein Kananizadegan, Shoja Khalilzadeh, Mortza Pouraliganji, Majid Hosseini, Sadegh Moharrami, Milad Mohammadi, Ehsan Hajisafi 

Gelandang: Saeid Ezatolahi, Ahmad Nourollahi, Ali Karimi, Rouzbeh Cheshmi, Vahid Amiri, Mehdi Torabi, Alireza Jahanbakhsh, Ali Gholizadeh, Saman Ghoddos 

Penyerang: Sardar Azmoun, Karim Ansarifard, Mehdi Taremi

7. Profil Timnas Amerika Serikat Piala Dunia 2022

Julukan: The Yanks

Prestasi terbaik timnas Amerika Serikat terjadi pada Piala Dunia 1930. Saat itu Timnas Amerika Serikat masuk ke semifinal. Setelah itu prestasi The Yanks terus turun.

Susunan Pemain Timnas Amerika Serikat 

Kiper: Ethan Horvath, Sean Johnson, Matt Turner 

Bek: Cameron Carter-Vickers, Sergino Dest, Aaron Long, Shaq Moore, Tim Ream, Antonee Robinson, Joe Scally, DeAndre Yedlin, Walker Zimmerman 

Gelandang: Brenden Aaronson, Kellyn Acosta, Tyler Adams, Luca de la Torre, Weston McKennie, Yunus Musah, Cristian Roldan

 Penyerang: Jesus Ferreira, Jordan Morris, Christian Pulisic, Gio Reyna, Josh Sargent, Tim Weah, Haji Wright Wales

8. Profil Timnas Wales Piala Dunia 2022

Julukan: The Dragons 

Tim nasional Wales sebenarnya termasuk yang tertua di dunia. Tim ini berdiri sejak 1876. Namun, sejak 46 tahun berdiri, Wales baru lolos ke Piala Dunia pada Piala Dunia 1958 dan 2022. Pada debut perdana di 1958  Wales masuk ke babak perempat final. 

Pada Piala Dunia 2022, Wales merebut tiket putaran final Piala Dunia 2022 lewat jalur play-off mengalahkan Ukraina. Wales akan bertumpu pada pemain-pemain berpengalaman yang merumput di klub dunia. 

Susunan Pemain Wales 

Kiper: Wayne Hennessey, Danny Ward, Adam Davies 

Bek: Ben Davies, Ben Cabango, Tom Lockyer, Joe Rodon, Chris Mepham, Ethan Ampadu, Chris Gunter, Neco Williams, Connor Roberts 

Gelandang: Sorba Thomas, Joe Allen, Matthew Smith, Dylan Levitt, Harry Wilson, Joe Morrell, Jonny Williams, Aaron Ramsey 

Penyerang: Rubin Colwill, Gareth Bale, Kieffer Moore, Mark Harris, Brennan Johnson, Daniel James

9. Profil Timnas Argentina Piala Dunia 2022 

Julukan: La Albicleste 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...