KSAL Yudo Margono Kandidat Terkuat Calon Panglima TNI?

Ira Guslina Sufa
25 November 2022, 12:53
Panglima TNI
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) berbincang dengan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono disebut-sebut menjadi calon terkuat Panglima TNI yang akan menggantikan Andika Perkasa. Andika akan menyelesaikan masa tugas di TNI pada 21 Desember mendatang. 

Anggota Komisi I DPR RI Rudianto Tjen mengatakan Yudo Margono lebih unggul lantaran bisa memberi warna baru di institusi TNI. Andika sebelumnya sudah mewakili Angkatan Darat untuk menjadi Panglima TNI.

Advertisement

Menurut Rudianto merujuk pasal 13 ayat 4 Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI bahwa jabatan Panglima dapat dijabat secara bergantian oleh Perwira Tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan. Jabatan itu bisa diisi oleh perwira aktif baik yang sedang atau pernah menjabat Kepala Staf Angkatan.

Menanggapi beredarnya kabar jabatan Panglima TNI ini, Yudo tak banyak berkomentar. Saat dikonfirmasi dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Fatwa di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten pada Kamis (24/11), Yudo menjawab diplomatis. 

"Sekarang, saya tidak berandai-andai dalam Pergantian Panglima TNI itu, namun setelah dilantik nanti, saya sampaikan juga," kata Yudo seperti dikutip dari Antara, Jumat (26/11). 

Menurut Yudo saat ini lebih baik menunggu saja proses yang sudah berjalan. Apalagi soal pergantian Panglima TNI ini sudah diajukan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

“Kami tunggu saja, masih diajukan kemarin, katanya diajukan kata Mensesneg, kami tunggu saja tahap berikutnya," kata Yudo. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement