Survei: Ganjar Taklukkan Jateng - Jatim, di Mana Lumbung Suara Anies?

Ira Guslina Sufa
30 November 2022, 10:25
Ganjar
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Seniman melukis bersama saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Plaza Ngasem, Yogyakarta, Jumat (28/10/2022).

Survei terbaru yang digelar lembaga Charta Politica menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dengan elektabilitas tertinggi. Berdasarkan survei yang digelar 4-12 November 2022 Ganjar unggul dengan tingkat keterpilihan 32,6 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya mengatakan elektabilitas Ganjar jauh meningkat dibanding survei yang dilakukan pada Desember 2021 lalu 28,2 persen. Sedangkan pada survei Juni 2022 suara Ganjar sudah naik menjadi 31,2 persen. 

Yunarto menjelaskan bila dilihat dari sebaran suara, Ganjar lebih banyak mendapat dukungan dari pemilih di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur. Di luar Jawa Ganjar lebih banyak dipilih di Bali dan Nusa Tenggara. 

Menurut Yunarto berdasarkan hasil survei pesaing terdekat Ganjar adalah Anies Baswedan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berhasil meraup 23,1 persen suara. Perolehan suara Anies naik pesat dibanding survei yang dilakukan Desember 2021 yang hanya mengantongi 19.6 persen suara. 

Kenaikan suara Anies paling terasa setelah deklarasi sebagai calon presiden pada Oktober 2022. Pada survei September 2022 suara Anies hanya 20,6 persen naik menjadi 23,1 persen pada November 2022. 

"Sebagai sebuah momentum Anies mendapat momentum ada kenaikan 2,5 persen dari efek pasca deklarasi [Anies] oleh Nasdem yang cukup menyalip Prabowo meski belum absolut karena masih dalam batas margin of error," ujar Yunarto seperti dikutip dari Youtube Channel Charta Politica, Rabu (30/11). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...