Survei Charta Politica: Elektabilitas Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo

Ira Guslina Sufa
30 November 2022, 08:55
Survei
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Yunarto Wijaya selaku Direktur Eksekutif Charta Politika memberikan paparan dalam acara CEO Talks mengenai "Economic and Political Outlook 2020" ddi Hotel Raffles, Jakarta (26/11/2019).

Survei terbaru yang digelar lembaga Charta Politica menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 4-12 November 2023, Ganjar menempati posisi teratas dari 10 nama yang disurvei dengan elektabilitas 32,6 persen. 

Di urutan kedua calon presiden yang diusung Partai Nasdem Anies Baswedan meraih elektabilitas 23,1 persen. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dibuntuti oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan elektabilitas 22,10 persen. 

Di luar ketiga nama itu, survei yang digelar Charta Politica juga memunculkan tujuh nama lain. Namun, ketujuh nama itu hanya memperoleh suara di bawah 10 persen. Mereka adalah Ridwan Kamil dengan 5,6 persen suara, Agus H Yudhoyono sebanyak 3,5 persen suara, dan Sandiaga S Uno dengan 2,0 persen suara.

Adapun tokoh dengan elektabilitas di bawah dua persen adalah ], Khofifah I Parawansa dengan 1,6 persen suara, Puan Maharani dengan 1,6 persen suara, Airlangga Hartarto dengan 1,5 persen suara dan Erick Thohir dengan 1,4 persen suara.  

Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya saat paparan survei mengatakan, dalam setahun terakhir trend suara Ganjar mengalami kenaikan cukup signifikan. Sedangkan Prabowo dan Anies bertukar posisi di urutan kedua. 

"Ada perubahan di peringkat kedua dan ketiga dibanding survei September 2022 lalu," ujar Yunarto seperti dikutip dari Youtube Charta Politica, Rabu (30/11) 

Pada survei Desember 2021 politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu baru memperoleh 28.2 persen suara. Selanjutnya pada survei Juni 2022 suara Ganjar naik menjadi 31,2 persen dan naik lagi menjadi 31,3 persen pada September 2022. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...