DPR Datangi Rumah Calon Panglima TNI Usai Uji Kepatutan, Ada Apa?

Ade Rosman
2 Desember 2022, 10:38
Panglima TNI
Antara Foto
Yudo Margono menyematkan Brevet Hiu Kencana pada Ketua DPR Puan Maharani

Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat akan menyambangi kediaman calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Rencana itu akan dilaksanakan usai uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test  pada Jumat (2/12).

Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono mengatakan kunjungan ke kediaman Yudo merupakan bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan uji kepatutan. Dia menyebut kunjungan merupakan bagian dari verifikasi faktual.

"Verifikasi faktual langsung di kediaman beliau, diterima dengan pak Yudo dan keluarga," katanya, di Kompleks Parlemen. 

Ia mengatakan, prosedur pertama sebelum uji kelayakan dan kepatutan yaitu verifikasi berkas yang diserahkan oleh pihak calon Panglima TNI pada pukul 10.00 WIB. Setelah itu baru masuk pada tahapan seleksi lainnya. 

"Bila sesuai, baru kita laksanakan fit and proper, jadi memang judul rapat RDPU, akan tetapi sifatnya itu fit and proprer test panglima TNI," kata Dave.

Dave mengatakan, fit and proper test diperkirakan akan selesai pukul 16.00 WIB. Setelah itu baru dilanjutkan dengan verifikasi faktual langsung ke kediaman beliau. 

Lebih jauh, ia mengatakan kemungkinan pada saat pemaparan visi dan misi calon Panglima TNI akan dilakukan secara terbuka. Namun, pada saat pendalaman akan berlangsung tertutup.

"Karena ada beberapa hal sensitif yang tidak bisa kita buka secara langsung," kata Dave lagi. 

 

Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait