DPR Prioritaskan 5 Isu dalam Uji Kepatutan Calon Panglima TNI

Ade Rosman
1 Desember 2022, 19:04
Panglima TNI
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) berbincang dengan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi masalah pertahanan akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Uji kepatutan akan digelar pada Jumat (2/12). 

Anggota Komisi I DPR, TB Hasanuddin mengatakan dalam proses uji, Komisi akan menitikberatkan pada sejumlah pertanyaan. Setiap partai akan mendapat kesempatan mendalami kecapan calon panglima melalui perwakilan fraksi yang ada di komisi pertahanan. 

"Perihal pertanyaan kami serahkan ke masing-masing fraksi mau bertanya apa," kata Hasanuddin, di Kompleks Parlemen, Kamis (1/12).

Meski begitu, ia mengatakan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, terdapat beberapa substansi yang dibahas. Komisi akan mendalami tentang netralitas calon panglima TNI. Apalagi tahun depan akan menjadi tahun yang riuh dengan isu politik jelang pemilu dan pemilihan presiden. 

“Agar prajurit TNI itu tetap dalam posisi netral, kemudian tidak berpolitik praktis terutama ketika menghadapi event-event seperti pemilu, pilkada, pilpres, pileg, dan sebagiannya," kata TB Hasanuddin. 

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengatakan calon Panglima TNI juga harus fokus pada persoalan disiplin. Selanjutnya, meneruskan atau menyelesaikan Minimum Essential Force, proses untuk modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...