Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono jadi Panglima TNI Hari Ini

Ira Guslina Sufa
19 Desember 2022, 08:19
Yudo Margono
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti Rapat Paripurna Ke-12 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Presiden RI Joko Widodo rencananya akan melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI hari ini, Senin (19/12). Pelantikan Yudo yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan dilaksanakan di istana negara. 

"Iya (hari ini)," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin seperti dikutip dari Antara, Senin (19/12). 

Nama Yudo sebelumnya diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR RI untuk ditetapkan sebagai Panglima TNI. Yudo telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat dan ditetapkan dalam sidang paripurna. Yudo Margono menjadi calon tunggal yang diajukan oleh Presiden. 

"Sekali lagi untuk dicatat, suara bulat, Pak. Kami menggunakan musyawarah mufakat, tidak ada voting," ujar Ketua Komisi Pertahanan DPR  Meutya Viada Hafid saat membacakan keputusan uji kepatutan di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (2/12). 

Tak hanya menyetujui pengangkatan Yudo Margono, Komisi Pertahanan juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Andika Perkasa dari jabatan Panglima TNI. Andika akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 sehingga harus segera diganti.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...