Kebut Pembangunan IKN, Kementerian PUPR Rampungkan 22 Rusun Pekerja

Nadya Zahira
19 Desember 2022, 07:44
IKN Nusantara
Kementerian PUPR
Pembangunan Rusun di kawasan IKN Nusantara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR tengah menyelesaikan pembangunan rumah susun atau Rusun untuk hunian pekerja konstruksi atau HPK di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kementerian PUPR menargetkan sebanyak 22 rusun rampung pada awal 2023.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, dari target 22 Rusun HPK tersebut sebanyak 16 rusun  sudah terbangun. Saat ini tim tengah merampungkan proses penyelesaian kelistrikan dan pemasangan dinding dan toilet bagi pekerja. 

"Pembangunan Rusun untuk hunian pekerja konstruksi di IKN terus berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan. Kami akan berupaya agar proses pembangunannya bisa segera diselesaikan secepatnya. Saat ini progresnya sudah mencapai 71,06%," ujar Iwan yang dikutip dari keterangan resmi, pada Senin (19/12).

Iwan mengatakan pembangunan Rusun HPK telah dimulai sejak 29 Agustus 2022. PUPR menargetkan pembangunan tersebut bisa selesai pada akhir Januari 2023 mendatang. Proses pengerjaannya dilaksanakan oleh PT. Wijaya Karya Gedung - PT. Adhi Karya (Persero) Tbk, KSO dengan nilai kontrak Rp 567,008 miliar.

Dalam proses pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi, Iwan menuturkan Kementerian PUPR menerapkan sedikitnya tiga kriteria pelaksanaan pembangunan. Adapun prinsip utama yang diusung adalah Environmental, Social, and Governance atau ESG yang diartikan sebagai Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola atau LST.

"Pertama adalah environment atau lingkungan dengan menerapkan lean construction dan green construction, kedua adalah social atau sosial yang bertujuan memberikan fasilitas yang lebih layak bagi para pekerja konstruksi yang membangun IKN. Selanjutnya yang ketiga adalah governance atau tata kelola perusahaan yakni membangun tata kelola konstruksi yang lebih rapi, sehat, efisiensi dan efektif," ujar Iwan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...