Profil Muhammad Ali, Pangkogabwilhan Calon KSAL Pengganti Yudo Margono

Ira Guslina Sufa
28 Desember 2022, 07:26
KSAL
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I menginspeksi pasukan Upacara Satgas Bantuan Kemanusiaan WNI di Pulau Sebaru di Mako Kolinlamil, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (28/12) dijadwalkan akan melantik Kepala Staf Angkatan Laut atau KSAL yang akan menggantikan posisi Laksamana TNI Yudo Margono. Saat ini Yudo telah resmi menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang pensiun 21 Desember 2022 lalu. 

"Pelantikan KSAL insyaallah besok (hari ini), " kata Jokowi di Pasar Pujasera Subang, Selasa (27/12).

Sebelumnya, Jokowi mengatakan sudah mengantongi nama pengganti Yudo Margono. Presiden menyebut pengisisi posisi KSAL adalah perwira tinggi berpangkat bintang tiga TNI Angkatan Laut.

Salah satu kandidat kuat calon pejabat KSAL adalah Laksmana Madya TNI Muhammad Ali. Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas mengatakan sosok Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Muhammad Ali itu berpeluang menjadi KSAL dari rekam jejaknya yang panjang. 

Menurut Anton, Ali baru masuk usia pensiun pada April 2025. Dengan usia pensiun yang masih lama Ali bisa mengemban jabatan KSAL dengan lebih optimal. 

Profil Lengkap Muhammadi Ali Calon KSAL

Ali merupakan perwira tinggi TNI kelahiran 9 April 1967. Berdasarkan keterangan di laman resmi TNI, Muhammad Ali merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1989 angkatan ke-35. Ia telah melewati sejumlah pelatihan dan pendidikan militer seperti Dikpasiswa, Dikcawak Kasel dan Kursus Ausbildung Waffengerat U Boote 206 atau kursus kapal selam U-206 di Jerman  pada 1997. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...