Isi Kekosongan Gubernur Papua, Jokowi Siapkan Pengganti Lukas Enembe

Ira Guslina Sufa
11 Januari 2023, 17:49
Lukas Enembe
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Gubernur Papua Lukas Enembe memasuki ruangan untuk menjalani pemeriksaan di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Menteri Koordinator Hukum Politik dan Keamanan Mahfud MD mengatakan pemerintah sudah menyiapkan pejabat sementara untuk menggantikan Gubernur Papua Lukas Enembe. Lukas saat ini berstatus tersangka dalam kasus gratifikasi APBD Papua,  dan telah ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi. 

"Ya, sudah ada langkah-langkah alternatif. Pokoknya, Pemerintah tidak boleh macet. Pemerintahan harus tetap jalan," kata Mahfud MD di Jakarta, Rabu (11/1). 

Menurut Mahfud, Pemerintah sudah lama menyiapkan langkah-langkah alternatif yang benar secara yuridis. Penunjukan pejabat sementara sudah dibicarakan dengan beberapa kementerian terkait seperti Kementerian Dalam Negeri, Panglima TNI, Kapolri, dan Menteri Kesehatan. 

“Kami sudah rapat, nanti ditunggu saja langkah berikutnya," jelas Mahfud. 

Lebih jauh Mahfud mengatakan, penangkapan Lukas Enembe oleh KPK sudah sesuai dengan mekanisme yang ada. Ia menyebut, penangkapan murni merupakan langkah penegakan hukum yang sudah lama didiskusikan namun terus tertunda. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...