Update IKN: PUPR Tuntaskan Sesi Terakhir Proyek Jalan Lingkar Sepaku

Nadya Zahira
16 Januari 2023, 22:13
Proyek IKN di Kalimantan Timur. Foto: Andi M. Arief
Andi M. Arief
Proyek IKN di Kalimantan Timur. Foto: Andi M. Arief

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku. Jalan ini akan mendukung konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara  atau IKN Nusantara, di Kalimantan Timur.  

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini telah selesai pekerjaan untuk segmen 1, 2, dan 3 sepanjang 5,7 kilometer. Sedangkan segmen 4 sudah masuk tahap konstruksi.

Advertisement

Menurut Basuki, pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dilaksanakan secara bertahap dengan mengusung konsep “Future Smart Forest City of Indonesia” dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan. 

“Pada tahap awal di tahun 2022-2024, pembangunan yang menjadi prioritas Kementerian PUPR salah satunya adalah jalan nasional yang menjadi akses utama ke IKN Nusantara,” ujar Basuki seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin (16/1). 

Ketua Satuan Tugas atau Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional atau BBPJN Kalimantan Timur terdiri dari 4 segmen. Segmen 1 sepanjang 1,75 km dengan biaya APBN sebesar Rp 66,6 miliar dana selesai pada Januari 2023. 

Selanjutnya Segmen 2 sepanjang 1,85 km yang selesai pada November 2022 dengan nilai Rp 56,6 miliar. Sedangkan segmen 3 sepanjang 2,17 km menghabiskan anggaran senilai Rp 63,9 miliar. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement