Update IKN: PUPR Tuntaskan Sesi Terakhir Proyek Jalan Lingkar Sepaku

PUPR juga tengah membangun Jalan Tol Akses IKN yang tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, tepatnya di KM 11.
Nadya Zahira
16 Januari 2023, 22:13
Proyek IKN di Kalimantan Timur. Foto: Andi M. Arief
Andi M. Arief
Proyek IKN di Kalimantan Timur. Foto: Andi M. Arief

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku. Jalan ini akan mendukung konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara  atau IKN Nusantara, di Kalimantan Timur.  

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini telah selesai pekerjaan untuk segmen 1, 2, dan 3 sepanjang 5,7 kilometer. Sedangkan segmen 4 sudah masuk tahap konstruksi.

Menurut Basuki, pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dilaksanakan secara bertahap dengan mengusung konsep “Future Smart Forest City of Indonesia” dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan. 

“Pada tahap awal di tahun 2022-2024, pembangunan yang menjadi prioritas Kementerian PUPR salah satunya adalah jalan nasional yang menjadi akses utama ke IKN Nusantara,” ujar Basuki seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin (16/1). 

Ketua Satuan Tugas atau Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional atau BBPJN Kalimantan Timur terdiri dari 4 segmen. Segmen 1 sepanjang 1,75 km dengan biaya APBN sebesar Rp 66,6 miliar dana selesai pada Januari 2023. 

Selanjutnya Segmen 2 sepanjang 1,85 km yang selesai pada November 2022 dengan nilai Rp 56,6 miliar. Sedangkan segmen 3 sepanjang 2,17 km menghabiskan anggaran senilai Rp 63,9 miliar. 

“Untuk Segmen 1, 2, dan 3 saat ini sudah PHO (Provisional Hand Over), selanjutnya Segmen 4 sudah pekerjaan konstruksi ditargetkan selesai Mei 2024,” ujar Danis.

Danis melanjutkan selain Jalan Lingkar Sepaku, saat ini juga tengah dibangun Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sepanjang 2,99 km dan Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur sepanjang 2,96 km. Untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sudah dalam tahap konstruksi sejak September 2022 dan ditargetkan selesai pada April 2024. 

Sementara untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur sudah terkontrak dan segera dibangun dengan target selesai Juni 2024. Kementerian PUPR juga tengah membangun Jalan Tol Akses IKN yang tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, tepatnya di KM 11. 

Tak hanya itu, saat ini juga tengah diselesaikan Tol akses IKN Segmen 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 12,66 km, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Pembangunan ketiga jalan tol tersebut merupakan bagian dari jaringan jalan menuju Ibu Kota Negara yang ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait