AHY Tegaskan Sikap Demokrat Soal Capres Anies Usai 3 Jam Bertemu Paloh

Ade Rosman
22 Februari 2023, 16:35
Surya Paloh Bertemu AHY dukung Anies
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) membisikkan sesuatu kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) saat memberikan keterangan pers bersama usai melaksanakan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/02/2023).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyatakan dukungan partainya untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 bukan hanya ucapan belaka. Hal tersebut disampaikan AHY usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di kantor DPD Demokrat, Jakarta, Rabu (22/2).

"Sudah jelas bahwa sikap dan posisi politik Demokrat yang kami sampaikan pada 23 Januari 2023 lalu itu resmi," kata AHY dalam konferensi pers di Kantor DPP Demokrat. 

Advertisement

Ia mengatakan, pernyataan dukungan Demokrat terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut bukan hanya sekadar uji coba dan cek ombak semata. AHY mengklaim, keputusan tersebut merupakan hasil konsultasi dirinya dengan Majelis Tinggi Partai Demokrat serta mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak internal partainya dari jajaran tingkat daerah hingga pusat.

"Kami sepakat bahwa untuk mengusung perubahan dan perbaikan kita juga harus bisa memberikan ruang kepada saudara Anies menjadi bacapres yang juga diyakini bisa membawa representasi gerakan perubahan," kata AHY.

Lebih jauh, ia mengatakan saat ini progres koalisi sedang dalam tahapan finalisasi. Ketiga partai pendukung Anies, yang terdiri dari Demokrat, Nasdem dan PKS terus berkomunikasi dengan Anies. Ia mengatakan, kesepakatan cara pandang yang disampaikan paloh bukan hanya ukuran rasional, namun juga emosional serta spiritual.

"Yang jelas kami ingin kapal koalisi ini bisa berlayar,  dan mudah-mudahan bukan hanya berlayar, tapi juga bisa menang, memenangkan suara, hati, dan pikiran masyarakat kita untuk perubahan," kata AHY lagi. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement