KPK Klarifikasi LHKPN Kepala Bea Cukai Makassar Adhi Pramono Hari Ini

Ira Guslina Sufa
14 Maret 2023, 06:30
KPK Periksa LHKPN
Instagram/beacukaimakassar
KPK Klarifikasi LHKPN Kepala Bea Cukai Makassar Adhi Pramono Hari Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menjadwalkan klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Kepala Kantor Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono. Klarifikasi akan dilakukan hari ini, Selasa (14/3) mulai pukul 09.00 WIB di Gedunng Merah Putih KPK.

"KPK telah mengirimkan surat undangan kepada saudara Andhi Pramono untuk permintaan klarifikasi atas LHKPN,” ujar Juru Bicara KPK Ipi Maryati seperti dikutip dari Unri. 

Advertisement

Ipi mengatakan Andhi akan menjalani klarifikasi oleh Tim LHKPN Kedeputian Pencegahan KPK. Nama Andhi Pramono menjadi sorotan warganet setelah foto rumah mewahnya di Kompleks Legenda Wisata Cibubur viral di media sosial.

KPK juga mengatakan telah menerima laporan dan informasi dari berbagai sumber, termasuk dari media sosial soal Andhi Pramono. KPK juga telah menerima laporan hasil analisa (LHA) dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan pihak akan menindaklanjuti hal tersebut dengan pemanggilan terhadap yang bersangkutan.

Adhi Pramono menyetorkan laporan harta kepada KPK per 16 Februari 2023. Adapun jumlah harta yang ia laporkan  senilai Rp 13,7 miliar.

Berdasarkan catatan LHKPN, Adhi memiliki belasan tanah dan bangunan di wilayah Karimun, Salatiga, Bekasi, Bogor, Banyuasin, Cianjur, hingga Jakarta Pusat. Total nilai harta dan bangunan nilai Rp 6,9 miliar.

Bersangkutan memiliki empat motor serta sembilan mobil. Salah 1 unit di antaranya mobil antik dengan nilai total Rp 1,8 miliar. Adapun harta bergerak lainnya senilai Rp 706 juta. 

Adhi juga tercatat memiliki surat berharga senilai Rp 2,9 miliar. Juga ada kas setara lebih dari Rp 1, 2 miliar.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement