Jokowi Optimistis Infrastruktur di Labuan Bajo Siap Sambut KTT Asean

Andi M. Arief
14 Maret 2023, 13:11
Jokowi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Sejumlah warga berpakaian adat suku-suku di Indonesia saat mengikuti Parade Nusantara dalam acara "kick off" keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2023 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan hampir semua infrastruktur di Labuan Bajo yang menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Asean telah selesai. Ia optimistis infrastruktur yang diperlukan siap untuk menggelar KTT Asean yang akan berlangsung pada Mei dan September.

Adapun, KTT Asean pada Mei 2023 akan dilakukan di Labuan Bajo, tepatnya di kawasan Golo Mori. Presiden Widodo mencatat seluruh negara anggota Asean telah mengkonfirmasi kehadirannya pada KTT Asean di Golo Mori tersebut.

"Saya melihat beberapa venue sudah siap semua tinggal sentuhan sedikit-sedikit, tapi yang paling penting kami ingin mempromosikan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (14/3).

Beberapa venue yang dimaksud adalah Kawasan Waterfront Marina dan Puncak Waringin. Untuk mendukung operasional area wisata tersebut, pemerintah telah membangun Embung Anak Munting dengan kapasitas tampung air baku hampir 160.000 meter kubik.

Dalam mendukung KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, pemerintah telah memperbaiki Bandara Internasional Komodo dan membangun jalan akses sepanjang 25 kilometer (Km) dari Labuan Bajo ke Golo Mori.

Bandara Komodo sebelumnya telah dipercantik untuk menyambut tamu negara yang menghadiri KTT G20 pada tahun lalu. Salah satu peningkatan kapasitas dari pemugaran tahun lalu adalah memperpanjang landasan pacu sepanjang 400 meter menjadi 2.650 meter.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...