Resmikan Taman Sawerigading, Jokowi Ingatkan Pengelolaan Bekas Tambang

Ade Rosman
30 Maret 2023, 17:30
Jokowi
Istimewa
Presiden saat meresmikan Taman Kehati Sawerigading Wallacea, yang terletak di Sorowako kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (30/3).\

Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya pemeliharaan dan pengelolaan area bekas tambang. Hal itu disampaikan Presiden saat meresmikan Taman Kehati Sawerigading Wallacea, yang terletak di Sorowako kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (30/3)

Menurut Jokowi hadirnya Taman Kehati Sawerigading merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan tambang terhadap lingkungan. Taman Kehati Sawerigading merupakan taman yang berada di sekitar kawasan tambang PT Vale. 

"Saya sangat menghargai upaya-upaya PT Vale yang setelah menambang itu langsung mereklamasi, merehabilitasi lahan yang telah ditambang," ujar Jokowi dalam pidato peresmian taman. 

Menurut Jokowi, berdasarkan pantauan di lapangan ia melihat upaya  Vale dalam memperbaiki lahan yang telah ditambang. Jokowi berharap upaya itu konsisten dilakukan.

Ada Apa di Taman Kehati Sawerigading Wallace?

Taman Kehati Sawerigading Wallacea memiliki area terkelola seluas 15 hektare. Juga terdapat area pengembangan seluas 60 hektare yang terdiri dari pusat persemaian, arboretum, penangkaran rusa, Mining Park, showcase area, dan Taman Kupu-kupu.

Luas area persemaian mencapai 2,5 hektare. Area ini diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan bibit tanaman pada kegiatan reklamasi di area bekas tambang. Sejak 2007 lalu,  Vale telah membangun fasilitas pembibitan pohon dengan kapasitas produksi 700.000 bibit pertahunnya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...