Menag dan DPR Kecam Penembakan di Kantor MUI, Minta Polisi Usut Tantas

Ade Rosman
2 Mei 2023, 18:08
Menag dan DPR kecam penembakan MUI
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/tom.
Anggota Brimob berjaga usai kejadian penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Sejumlah kecaman muncul atas peristiwa penembakan yang terjadi di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Jakarta, Selasa (2/5). Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan penembakan tidak bisa dibenarkan apapun motif dan tujuannya.

"Saya sangat mengecam setiap tindak kekerasan, termasuk penembakan yang terjadi di Kantor MUI," kata Yaqut dalam keterangan resmi.

Di sisi lain, ia meyakini Polri profesional dalam mengatasi peristiwa yang menyebabkan kaca di beberapa sisi gedung MUI di kawasan Menteng Jakarta Pusat pecah. Penembakan mengakibatkan petugas resepsionis dan petugas keamanan di lokasi terluka tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar meminta agar polisi mengusut tuntas peristiwa penembakan tersebut. Ia menilai kasus penembakan harus menjadi perhatian serius karena membahayakan.

”Kasus ini harus diusut tuntas sehingga bisa terungkap apa motif dari aksi penembakan tersebut,” kata Muhaimin. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ini juga meminta agar kepolisian memastikan apakah penembakan tersebut berkaitan dengan aksi terorisme atau bukan.

Kecaman juga disampaikan juga oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily. Menurut Ace segala bentuk tindak kekerasan tidak boleh terjadi.

“Kami mengecam keras penembakan yang dilakukan di kantor MUI. Tindakan ini merupakan perilaku biadab,” kata Ace.

Ia mendesak agar penegak hukum untuk mengusut motif di balik penembakan itu. Menurutnya, Tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai tindakan teror, dan harus ada pengusutan hingga ke akarnya.

“Apalagi ini terjadi di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat,” katanya.

 Insiden penembakan tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB di Kantor Majelis Ulama Indonesia di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (2/5). Akibat peristiwa tersebut, kaca menuju pintu masuk kantor MUI pecah. Selain itu, dua orang pegawai mengalami luka-luka.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...