PDIP - Nasdem Kompak Setor Daftar Caleg ke KPU Hari Ini, PAN Menyusul

Ira Guslina Sufa
11 Mei 2023, 08:08
PDIP serahkan Caleg
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/hp.
Pendukung salah satu bakal calon legislatif (bacaleg) membawa spanduk dukungan saat mendaftar di Kantor KPU Provinsi Sumatera Utara, Medan, Sabtu (6/5/2023).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP  bakal menyerahkan daftar nama calon anggota legislatif kepada Komisi Pemilihan Umum. Delegasi PDIP dijadwalkan akan menyetor daftar nama anggota Dewan Perwakilan Rakyat, dan DPRD Provinsi serta Kabupaten/Kota hari ini, Kamis (11/5). 

Advertisement

Penyerahan nama caleg PDIP akan dipimpin Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto. Berdasarkan pemberitahuan yang disampaikan ke KPU PDIP akan menyerahkan daftar nama caleg pada pukul 10.00 WIB. 

PDIP akan menjadi partai kedua yang menyerahkan nama caleg hari ini, Sebelum itu, KPU akan menerima daftar nama caleg dari Partai Nasional Demokrat. Nasdem dijadwalkan tiba di KPU pukul 08.30 WIB. 

Partai lain yang akan menyerahkan daftar caleg adalah Partai Amanat Nasional. PAN akan datang ke KPU pada Jumat (12/5). Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengungkapkan, komposisi caleg yang akan didaftarkan PAN beragam, terdiri dari publik figur hingga pengusaha, dan mantan kepala daerah.

"Ada aktivis, pengusaha, artis hingga mantan kepala daerah," kata Eddy dalam keterangan resmi, Rabu (10/5).

Ia pun mengatakan, calon legislatif perempuan yang didaftarkan sudah memenuhi kuota sesuai dengan Peraturan KPU sebanyak 30 persen. Eddy mengungkapkan, dipilihnya tanggal 12 karena sesuai dengan nomor urut PAN, serta waktunya pun akan ikut mengikuti yaitu setelah pukul 12.00 WIB.

"Melihat komposisi caleg saat ini dan antusiasme masyarakat yang luar biasa, insya Allah optimis pemilu 2024 nanti PAN akan meraih target 60 kursi dan bahkan lebih," katanya.

Sejauh ini hingga Rabu (10/5), baru dua partai politik yang menyetorkan nama bakal calon legislatifnya ke KPU, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Adapun Komisi Pemilihan Umum saat ini tengah membuka pendaftaran caleg yang akan diusung. Pendaftaran telah dimulai sejak 1 Mei dan berakhir pada 14 Mei 2024 mendatang. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement