Anies Yakin Koalisi Perubahan Efektif Menangkan Pilpres, Apa Resepnya?

Ade Rosman
5 Mei 2023, 19:45
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kedua kanan) berbincang dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kiri), Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) saat Diskusi Kebangsaan Demi Indonesia di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).
  • Bakal calon presiden yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menyatakan koalisi partai politik pendukungnya bergerak secara efektif. Menurut Anies Koalisi Perubahan tidak banyak melakukan pergerakan yang atraktif namun memberikan bukti nyata.

"Ini adalah koalisi yang punya dokumen tertulis. Prosesnya tidak banyak atraksi, ujungnya solusi yang konkret," kata Anies saat konferensi pers di Sekretariat Bersama Perubahan, Jakarta Selatan, Jumat (5/5).

Hasil yang telah dicapai dalam proses yang disebut Anies efektif yaitu lahirnya piagam koalisi. Ia juga sudah dideklarasikan secara resmi oleh tiga partai politik yang tergabung dalam koalisi perubahan yaitu Partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Hasilnya konkret. Hasilnya adalah sebuah dokumen kesepakatan yang ditandatangani, deklarasi yang dilakukan oleh masing-masing partai," kata Anies. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengklaim pergerakan politik yang disebutnya tanpa banyak atraksi sebagai salah satu bentuk tanggung jawab. Menurut dia sikap itu menghindari berbagai spekulasi yang timbul di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir juga Tim 8, atau Tim Kecil yang mewakili ketiga partai politik di KPP, yakni Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto, dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman.

Di sisi lain, pada kesempatan tersebut Anies juga mengungkapkan tim kecil tengah membahas mengenai bakal cawapres pendampingnya. Namun, ia tidak memberi info lebih mendetail, karena kata Anies proses pembahasan masih berjalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...