PPP Nilai Nasaruddin Umar Sosok Ulama Santun, Cocok Dampingi Ganjar

Ade Rosman
26 Mei 2023, 18:21
PPP
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Wakil Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani (tengah) menjawab pertanyaan awak media usai menghadiri acara Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyambut baik kabar masuknya nama Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar sebagai salah satu kandidat calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. Arsul mengatakan Nasruddin merupakan sosok intelektual yang santun, sehingga tak ada alasan untuk menolaknya.

"Saya kira Nasaruddin itu sosok yang tidak ada alasan juga untuk menolak, seorang ulama, intelektual yang santun," kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (26/5).

Ia mengatakan, Nasaruddin memiliki paham nasionalis-religius yang dinilai sejalan dengan PPP. Selain itu, menurut Arsul Nasaruddin bisa menjadi penggambaran sosok dari luar jawa. Atas pertimbangan itu ia menilai, Nasaruddin cocok untuk mendampingi Ganjar di pemilihan presiden 2024. 

Sebelumnya PPP disebut menjagokan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno menjadi salah satu kandidat cawapres dari PPP. Namun hingga kini, masih belum ada kejelasan ke mana Sandi akan berlabuh usai hengkang dari Partai Gerindra.

Meski begitu Arsul menyebut PPP tetap membangun komunikasi dengan Sandiaga. Meski begitu ia mengakui dinamika politik saat ini masih sangat cair sehingga masih bisa berubah. 

“Kami yang di PPP sekali lagi sepakat keputusan akhir itu kan bagaimanapun memang tergantung sama Pak Sandi,” ujar Arsul. 

Saat ini PPP telah menyatakan dukungan resmi pada Ganjar Pranowo yang telah diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Atas dukungan itu, Arsul mengatakan PDIP mempersilakan partai berlambang Ka’bah itu untuk mengajukan nama kandidat pendamping Ganjar dalam pilpres 2024.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...