Survei Kurious: Capres Diminta Atasi 5 Isu, Lapangan Kerja Nomor 1

Ade Rosman
30 Mei 2023, 12:30
Survei capres
ANTARA FOTO/Sakti Karuru/tom.
Pengunjung memilih tas noken yang dijual saat pameran UMKM binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja (Disperindag) Kota Jayapura di Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Kamis (6/4/2023).

Menjelang pemilihan presiden 2024 mendatang partai mulai sibuk menyiapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung. Sejauh ini baru tiga kandidat capres yang muncul yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Selain menyiapkan nama yang diusung partai pun mulai menyusun isu yang menjadi prioritas para capres bila kelak menang pilpres dan terpilih sebagai presiden periode 2024-2029. Penentuan isu prioritas disusun berdasar visi dan misi partai dan capres yang diusung. 

Di luar partai, publik sebagai konstituen juga punya preferensi dalam menentukan figur capres yang akan diusung. Salah satunya adalah mencermati masalah utama yang akan menjadi program prioritas para capres. 

Mengenai isu prioritas pilihan publik ini, survei terbaru yang dirilis Kurious mencatat terdapat lima persoalan prioritas yang jadi sorotan pemilih. Pada posisi pertama sebanyak 77% responden mengatakan masalah prioritas yang harus diatasi adalah persoalan lapangan kerja. 

Pada posisi kedua, responden menempatkan isu penyelesaian masalah korupsi di urutan kedua dengan suara 73,3%. Selanjutnya pada urutan ketiga sebanyak 71,2% responden setuju capres terpilih harus bisa menyelesaikan persoalan kemiskinan. 

Di urutan keempat sebanyak 69,8% responden menilai isu l penegakan hukum harus segera diatasi oleh pemimpin terpilih nanti. Selanjutnya di urutan kelima sebanyak 66,8% ingin capres menuntaskan masalah pangan dan stabilitas harga barang. 

Survei yang digelar Kurious berlangsung pada 27 April - 4 Mei 2023. Sebanyak 580 responden yang diwawancarai dengan metode Computer Aided Web Interviewing (CAWI) diminta memilih 5 isu prioritas dari 12 isu yang disediakan. Adapun margin of error pada survei ini adalah +/- 3,79%, pada tingkat kepercayaan 95%.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...