Pengesahan RUU Kesehatan Dinilai Bisa Lahirkan Banyak Dokter Spesialis

Ade Rosman
6 Juni 2023, 19:09
RUU Kesehatan
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp.
Dokter memeriksa mata seorang lansia saat safari kesehatan di Denpasar, Bali, Sabtu (13/5/2023).

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Kabupaten Pekalongan Henny Rosita berharap Rancangan Undang-undang (RUU) Kesehatan dapat disahkan. Menurutnya, pengesahan RUU bisa membawa banyak perubahan pada dunia kesehatan. 

Menurut Henny, salah satu manfaat pengesahan RUU Kesehatan menjadi Undang-undang adalah mempermudah lahirnya dokter spesialis di Tanah Air. Selain itu, ia menyebut akan ada penyederhanaan proses izin praktek dokter dan penyederhanaan pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR). 

Berbagai kemudahan yang dihadirkan dalam beleid kesehatan yang sedang digodok menurut Henny akan membuat proses pengurusan surat izin praktik kedokteran lebih mudah. Selain itu, menurutnya untuk kebutuhan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif akan lebih banyak, lebih diperluas dan hal tersebut akan menguntungkan masyarakat.

"Akses pada layanan kesehatan jadi lebih mudah," kata Henny seperti disiarkan di YouTube Kementerian Kesehatan, dikutip Selasa (6/6).

Berdasarkan hal tersebut, ia berharap para tenaga medis serta tenaga kesehatan lainnya dapat mendukung RUU Kesehatan. Menurut dia para tenaga kesehatan perlu mempelajari lebih cermat seluruh draft RUU agar bisa mendapat kesimpulan secara menyeluruh. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...