Perindo Resmi Dukung Ganjar di Pilpres, Hary Tanoe Ungkap 3 Alasannya

Ade Rosman
9 Juni 2023, 13:27
Perindo dukung Ganjar
ANTARA FOTO/Amrin Aming/DA/rwa.
Bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo menyapa pendukungnya saat Konsolidasi Pemenangan Bacapres PDIP di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (3/6/2023).

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) secara resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada pemilu 2024. Hal tersebut dipastikan setelah Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo menandatangani perjanjian kerja sama dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat (9/6).

Pada kesempatan tersebut, Hary menjelaskan berbagai alasan yang membuat Perindo mantap mendukung Gubernur Jawa Tengah itu di pilpres. Hary Tanoe menyebut partai yang dipimpin Megawati tersebut merupakan partai politik yang paling siap menghadapi pilpres.

"Yang memenuhi threshold di atas 20 persen untuk mengusung capres, jadi ada satu kepastian untuk kami memulai satu perjuangan, itu yang pertama," kata Hary, Jumat (9/6).

Selain itu, ia juga mengatakan kedua partai memiliki filosofi ideologi sama. Sebagai partai yang sama-sama berlandaskan Pancasila Hary menyebut Perindo memiliki kesamaan pandangan dengan PDIP.

"Sama-sama landasannya adalah Pancasila, berjuang untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," kata Hary.

Selanjutnya, alasan ketiga yang meyakinkan Perindo bekerja sama  dengan PDI Perjuangan adalah karena merasa cocok dengan figur yang diusung partai berlogo banteng itu. Menurutnya, Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang ditunjuk PDIP merupakan figur muda yang sangat diterima masyarakat.

"Yang paling penting memiliki komitmen untuk melanjutkan pembangunan," kata Hary lagi.

Amunisi Baru Ganjar 

Secara spesifik, Hary menyebutkan pembangunan yang dimaksud yakni pembangunan IKN. Pada kesempatan yang sama Ganjar menyambut baik pengukuhan kerjasama antara PDI Perjuangan dengan Perindo.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...