Harta Firli Bahuri Rp 22 M, Satu Rumah yang Digeledah Tak Masuk LHKPN

Ira Guslina Sufa
27 Oktober 2023, 10:25
Firli Bahuri
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/tom.
Personel kepolisian berjaga usai penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggeledah rumah rumah Ketua KPK Firli Bahuri di perumahan Vila Galaxy, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (26/10/2023).

Polda Metro Jaya menggeledah rumah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri pada Kamis (26/10). Penggeledahan dilakukan di dua lokasi berbeda yakni di kawasan Kertanegara Jakarta Selatan dan Perum Gardenia Villa Galaxy Kota Bekasi Jawa Barat. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan penggeledahan dilakukan untuk mengusut kasus dugaan pemerasan yang kini tengah diusut kepolisian.  Saat penggeledahan, Firli sedang berada di rumahnya yang berada di bekasi. 

"Dalam rangkaian proses penyidikan untuk membuat terang suatu kasus pidana dugaan pemerasan," kata Trunoyudo seperti dikutip Jumat (27/10). 

Bila merujuk dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Firli tercatat memiliki 8 bidang tanah dan bangunan. Namun, dari keseluruhan rumah yang dilaporkan Firli tidak tercatat adanya rumah di kawasan Kertanegara Jakarta Selatan yang turut digeledah kepolisian. 

Dalam perkara itu Firli diadukan atas dugaan tindak pidana pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.  Laporan diterima oleh kepolisian pada 12 Agustus 2023 sebagai laporan dari masyarakat. 

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Ade Safri menyatakan hingga kini tim penyidik gabungan sudah memeriksa sejumlah saksi termasuk Ketua KPK Firli Bahuri. Firli diperiksa pada Selasa (24/10) selama hampir 10 jam dalam kapasitas sebagai saksi. 

Dalam pemeriksaan itu, salah satu pertanyaan yang diajukan kepada Firl berkaitan dengan foto dirinya saat bertemu Syahrul Limpo di salah satu gelanggang olahraga (GOR) bulu tangkis di Jakarta. Dalam pemeriksaan itu, kata Ade, Ketua KPK Firli Bahuri membenarkan adanya pertemuan dengan Syahrul pada Maret 2022.

Halaman:
Reporter: Antara, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...