Jokowi Undang 3 Bakal Capres ke Istana, Ajak Makan Siang Bersama

Ira Guslina Sufa
30 Oktober 2023, 10:25
Presiden Jokowi berpidato dalam acara peringatan Hari Pers Nasional pada 2022
Sekretariat Kabinet
Presiden Jokowi berpidato dalam acara peringatan Hari Pers Nasional pada 2022

Tiga bakal calon presiden yang akan bertanding di pemilihan presiden 2024 mendatang bakal bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Para capres yang terdiri dari Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto akan bertemu Jokowi di Istana Negara. 

"Tiga capres diundang ke Istana hari ini tanpa bakal calon wakil presiden (cawapres) pukul 11.30 WIB," ujar Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat  Hermawi Taslim seperti dikutip dari Antara, Senin (30/10). 

Pertemuan Jokowi dengan tiga capres akan dibalut dalam silaturahmi dan makan siang bersama. Hal ini menurut Hermawi merupakan bagian dari komitmen Jokowi yang pernah mengatakan mendukung ketiga bakal capres tersebut demi kebaikan bangsa. 

"Nah siang ini ketiganya diundang ke istana. Mungkin inilah wujud dukungan yang dimaksud," ujar Hermawi. Agenda makan bersama Jokowi sudah masuk dalam perencanaan kegiatan Anies hari ini. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024. Mereka adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo - Mahfud MD, serta Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Reporter: Antara, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...