Membanding Visi Misi 3 Capres soal Perlindungan Sosial dan Kesehatan

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Oktober 2023, 11:58
Ganjar
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Petugas mengenakan kostum maskot pemilu saat Kirab Pemilu di Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (24/6/2023)

Tiga pasangan calon presiden alias capres dan cawapres telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk berlaga di Pilpres 2024. Masing-masing pasangan yakni Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo - Mahfud MD dan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka telah menawarkan visi-misi sebagai modal kampanye menjelang Pemilu pada 14 Februari tahun depan.

Satu di antara program yang mereka tawarkan adalah jaminan perlindungan sosial dan akses layanan kesehatan masyarakat. Program itu pun masuk dalam dokumen visi dan misi partai yang diserahkan ke KPU. 

Bagaimana visi dan misi yang diajukan tiga pasangan untuk pilpres? 

Visi Misi Ganjar - Mahfud di Pilpres 2024

Ganjar dan Mahfud serahkan berkas ke KPU
Ganjar dan Mahfud serahkan berkas ke KPU (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Spt.)

Dalam dokumen visi dan misi yang telah diserahkan ke KPU, Ganjar dan Mahfud berfokus pada pelayanan kesehatan tingkat pertama. Penyediaan 1 puskesmas tiap desa bakal dilengkapi dengan ketersediaan dokter, tenaga kesehatan, dan obat. Juga dengan mempercepat layanan kesehatan lewat sistem digitalisasi atau telemedicine

Mereka juga menjanjikan bantuan untuk ibu hamil lewat penyaluran dukungan gizi dan akses layanan kesehatan selama masa kehamilan dan menyusui. Program 1.000 hari pertama, serta pasokan gizi untuk anak hingga usia lima tahun. Langkah tersebut diharap mampu menekan target prevalensi stunting di bawah 9%.

Selanjutnya, Ganjar - Mahfud berjanji menaikan target penerima Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi 15 juta penerima. Mereka juga menyasar untuk mempermudah proses pendaftaran dengan hanya melampirkan nomor induk kependudukan yang tercantum di KTP.

"Identitas tunggal itu nantinya akan diatur untuk mengintegrasikan seluruh pemberian jaminan sosial, bantuan, dan layanan dari pemerintah," kata Ganjar-Mahfud dalam dokumen  visi-misi bertajuk Menuju Indonesia Unggul, dikutip Jumat (27/10).

Lebih lanjut, pasangan yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan didukung Perindo, Partai Hanura dan Partai Persatuan Pembangunan itu juga menawarkan program penguatan kesehatan mental.

Mereka berjanji menyediakan nomor darurat 24 jam 7 hari seminggu bebas biaya dan membentuk lembaga komunikasi krisis. Tindakan itu bertujuan untuk menangani masalah kesehatan mental secara responsif dan holistik, dengan membangun pos-pos konseling di semua kampus, layanan kesehatan jiwa di semua puskesmas, dan fasilitas layanan jiwa di seluruh rumah sakit umum.

Visi Misi Prabowo - Gibran di Pilpres

Prabowo dan Gibran mendaftar ke KPU
Prabowo dan Gibran mendaftar ke KPU (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.)

Calon pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka juga telah menawarkan sejumlah paket jaminan perlindungan sosial dan akses layanan kesehatan masyarakat. Visi dan misi itu tertuang dalam konsep  'Bersama Indonesia Maju'.

Satu di antara yang paling populer adalah memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil. Prabowo sempat mempromosikan program ini di acara Mata Najwa on Stage di UGM Yogyakarta pada 21 September 2023 lalu.

"Memberi makan siang dan susu gratis di sekolah serta bantuan gizi untuk ibu-ibu hamil," kata Prabowo saat itu.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...