IPO Blibli Resmi Dimulai: Tawarkan Saham Rp 410, Ini Jadwalnya

Setelah IPO Blibli akan menggunakan kode ticker BELI di lantai bursa.
Ira Guslina Sufa
17 Oktober 2022, 05:02
IPO Blibli (BELI)
Blibli.com
Blibli bekerja sama dengan BCA

PT Global Niaga Tbk atau Blibli hari ini Senin (17/10) mengumumkan dimulainya aksi korporasi di pasar modal. Perusahaan di bawah Grup Djarum itu resmi memulai tahapan penawaran umum saham atau initial public offering (IPO). 

Berdasarkan prospektus yang diumumkan di media, dalam gelaran IPO, Blibli akan melepas sebanyak 17,77 miliar saham. Jumlah ini setara dengan 15 persen dari modal ditempatkan dan disetor perusahaan. Adapun harga penawaran untuk setiap lembar saham adalah Rp410-Rp460. 

Dari pelaksanaan IPO, Blibli setidaknya akan mengantongi sebanyak Rp8,17 triliun. Sebagian besar dari dana hasil IPO akan digunakan membayar utang perusahaan. 

"Sekitar Rp5 triliun akan digunakan oleh Perseroan untuk pembayaran seluruh saldo utang fasilitas perbankan dan sisanya  akan  digunakan  oleh  Perseroan  dan  Entitas  Anak  sebagai  modal  kerja  untuk  mendukung kegiatan  usaha  utama  dan  pengembangan  usaha," ujar direksi Blibli seperti dikutip dari pengumuman media. 

Advertisement

Selain menerbitkan saham baru, seiring dengan pelaksanaan IPO Blibli juga akan melaksanakan program Management and Employee Stock Option Plan (MESOP) dengan mengalokasikan 3,6 miliar lembar saham. Jumlah ini setara dengan 2,99 persen saham dari modal ditempatkan dan disetor yang dimiliki perusahaan. Pemberian hak opsi dalam MESOP dapat dilaksanakan sampai dengan tanggal 20 Desember 2024

Dengan pelaksanaan IPO, selanjutnya komposisi kepemilikan saham Blibli oleh PT Global Investama Andalan menjadi 83,8 persen. Sedangkan masyarakat akan menggenggam sebanyak 15 persen. Sebanyak 1,2 persen sisanya akan dimiliki oleh individu terdiri dari Kusumo Martanto, Honky Harjo, Lisa Widodo, Hendry, dan Andy Utomo. 

Jadwal IPO Blibli 

Aksi IPO yang diumumkan Blibli merupakan lanjutan setelah  Blibli  mengumumkan  pembentukan  ekosistem  Blibli  Tiket. Entitas baru ini  merupakan  hasil  kolaborasi  dengan  PT  Global  Tiket  Network  atau  Tiket.com,  dan  PT  Supra  Boga  Lestari  Tbk. (RANC)  akhir pekan lalu. RANC merupakan perusahaan pengelola supermarket modern Ranch Market. 

Berdasarkan prospektus IPO yang telah diterbitkan, masa penawaran awal akan berlangsung 17-24 Oktober 2022. Sedangkan tanggal efektif diperkirakan pada 28 Oktober 2022. Selanjutnya masa penawaran umum atau IPO akan berlangsung pada 1-3 November 2022. Meski begitu, jadwal ini masih bersifat sementara karena akan menunggu persetujuan Otoritas Jasa Keuangan.

 Untuk pelaksanaan IPO ini, Blibli menggandeng dua perusahaan sekuritas. Adapun penjamin Pelaksana Emisi Efek adalah BCA Sekuritas, dan BRI Danareksa Sekuritas

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait