Percepatan Dekarbonisasi Sektor Transportasi Umum

The TRUE Initiative memberikan sejumlah rekomendasi berdasarkan temuan studinya untuk mendorong percepatan dekarbonisasi sektor transportasi umum.
Hanna Farah Vania
5 Desember 2022, 15:35

DKI Jakarta terus mempercepat upaya dekarbonisasinya. Sejalan dengan target penurunan emisi 2050, Pemprov DKI Jakarta terus menggenjot armada bus listrik yang dioperasikan TransJakarta. Merespons upaya ini, The TRUE Initiative memberikan sejumlah rekomendasi untuk mengoptimalkan dekarbonisasi sektor transportasi umum.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 90/2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah, DKI Jakarta berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan bus listrik. Per Juli 2022, jumlah armadanya sebanyak 30.

Melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 1053/2022 tentang Pedoman Percepatan Program Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dalam Layanan Angkutan TransJakarta, Pemprov DKI Jakarta menargetkan 10.047 armada bus listrik akan mengaspal pada 2030.

Seiring dengan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mendorong transportasi umum ramah lingkungan, The TRUE Initiative, sebagai kemitraan kelompok ahli yang bertujuan membersihkan kendaraan dan meningkatkan kualitas udara perkotaan, melakukan studi pengujian emisi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Terdapat hasil temuan terkait transportasi umum dari kajian ini.

Pertama, emisi NOx (nitrogen oksida) diesel angkutan berat dan ringan lebih tinggi dari kendaraan bensin, masing-masing 13,5 kali serta 13,9 kali. Kedua, emisi NOx, CO (karbon monoksida), dan HC (hidrokarbon) bus diesel menurun setelah penggunaan Euro 2.

Ketiga, emisi NOx, CO, dan HC TransJakarta relatif lebih rendah dari bus operator lainnya. Kajian ini melihat, hal tersebut dihasilkan dari kepatuhan TransJakarta untuk inspeksi dan perawatan serta penggunaan bahan bakarnya yang lebih bersih.

The TRUE Initiative memberikan sejumlah rekomendasi untuk mengoptimalkan transportasi umum, antara lain mewajibkan implementasi Euro 6, mempercepat transisi ke bus listrik, pemberian insentif pengguna Euro 6 dan bus listrik hingga penyeleksian masuk dan uji emisi di stasiun bagi bus antar-kota yang akan masuk DKI Jakarta.

Adapun rekomendasi lainnya adalah insentif pemeliharaan armada berkala untuk operator bus lain dan truk serta memperketat persyaratan inspeksi dan pemeriksaan kendaraan berkala.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.