Tekan Laju Kasus Covid-19, PPKM Mikro di Bangkalan Diperketat

Lavinda
Oleh Lavinda
19 Juni 2021, 08:45
Pemerintah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lain untuk memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc.
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR kepada pekerja di salah satu perusahaan di Jalan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/6/2021). Hal ini dilakukan kepada pekerja asal Madura untuk menelusuri penyebaran COVID-19 menyusul meningkatnya kasus COVID-19 di Bangkalan, Madura.

Pemerintah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lain untuk memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan dan meningkatnya kasus Covid-19, menyusul peristiwa perusakan sejumlah fasilitas di Pos Penyekatan Suramadu sisi Surabaya yang terjadi sebelumnya.

Kenaikan kasus positif Covid-19 di Bangkalan naik signifikan usai libur Lebaran 2021. Hal itu membuat pemerintah setempat melakukan penyekatan di perbatasan Madura-Surabaya.

Advertisement

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito mengatakan pengetatan PPKM di Bangkalan dilakukan dengan cara menambah jumlah personel yang berjaga di posko penyekatan.

"Hal itu dilakukan guna membantu penegakan disiplin protokol kesehatan, pemantauan kasus aktif, dan kedisiplinan pelaksanaan isolasi mandiri," ujar pria yang juga menjabat Ketua Satuan Tugas (satgas) Penanganan Covid-19 dalam keterangan tertulis yang diterima Katadata.co.id, Sabtu (19/6).

Demi menekan laju angka penularan, pemerintah setempat berkoordinasi dengan pihak terkait juga gencar mengadakan vaksinasi di wilayah tersebut.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement