Bioskop Mulai Dibuka, Pengunjung Harus Sudah Vaksinasi Dua Dosis

Rizky Alika
13 September 2021, 20:54
PPKM, PPKM Level 3, Vaksinasi
ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Seorang pekerja membersihkan bangku studio pada hari pertama pembukaan kembali bioskop Cinepolis Cinemas di Mal Living World, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (31/3/2021).

Pemerintah memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga pekan depan, meski melonggarkan beberapa aktivitas masyarakat. Salah satunya, mengizinkan pembukaan bioskop pada kota-kota yang menerapkan PPKM Level 3 dan 2.

"Pembukaan bioskop kapasitas maksimal 50% kota level 2 dan 3, tapi dengan kewajiban penggunaan aplikasi PeduliLindungi serta protokol kesehatan ketat," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (13/9).

Meski begitu, pengunjung yang diperbolehkan masuk hanya yang berkategori hijau berdasarkan aplikasi PeduliLindungi. Kategori hijau merupakan orang yang telah divaksinasi dua kali dan tidak ada hasil tes positif atau kontak erat dengan kasus positif.

Seperti diketahui, kategori warna akan muncul saat pengunjung melakukan pemindaian dengan QR Code pada aplikasi PeduliLindungi. Pengunjung akan diminta memindai kode QR code di pintu masuk pada 6 aktivitas utama.

Selain itu, pemerintah juga melonggarkan ketentuan PPKM dengan menambah lokasi tempat wisata yang akan dibuka. Penambahan tempat wisata yang dibuka berlaku di kota level 3 dengan implementasi PeduliLindungi.

Meski begitu, pemerintah akan menerapkan plat kendaraan ganjil-genap yang akan berlaku pada daerah tempat wisata. Penerapan ganjil-genap akan berlaku setiap akhir pekan, yaitu pada Jumat pukul 12.00 sampai Minggu pukul 18.00 waktu setempat.

"Tujuannya untuk mengurangi kendaraan yang ke sana," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...