Swedia dan Denmark Hentikan Penggunaan Vaksin Moderna untuk Anak Muda

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Oktober 2021, 09:25
Vaksin, Moderna, Covid-19
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Vaksin Covid 19 Moderna

Swedia dan Denmark akan menghentikan sementara penggunaan vaksin Covid-19 Moderna untuk kelompok usia lebih muda. Hal ini dilakukan usai meninjau laporan efek samping kardiovaskular langka yang tercatat di beberapa kasus.

Dilansir dari Reuters, Badan Kesehatan Swedia mengatakan akan berhenti menggunakan vaksin Moderna untuk warga yang lahir pada tahun 1991. Pasalnya, data menunjukkan terjadi peningkatan miokarditis atau peradangan pada otot jantung dan perikarditis atau peradangan pasa selaput pembungkus jantung di kalangan remaja dan dewasa muda yang telah divaksinasi.

"Hubungannya sangat jelas ketika menyangkut vaksin Spikevax Moderna, terutama setelah dosis kedua," kata Badan Kesehatan Swedia dikutip dari Reuters, Kamis (7/10). Meski begitu, mereka menambahkan bahwa risiko untuk mengalami efek samping sangat kecil.

Juru bicara Moderna dalam sebuah surat elektronik (e-mail) menyatakan perusahaan mengetahui keputusan regulator di Denmark dan Swedia untuk menghentikan penggunaan vaksin Covid-19 mereka pada individu yang lebih muda. Pasalnya, risiko miokarditis dan atau perikarditis jarang terjadi.

"Ini biasanya kasus ringan dan individu cenderung pulih dalam waktu singkat setelah perawatan standar dan istirahat," jelas jubir tersebut.

Menurut dia, risiko miokarditis meningkat secara substansial bagi mereka yang tertular Covid-19, dan vaksinasi adalah cara terbaik untuk melindunginya.

Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS), laki-laki muda di bawah 20 tahun memiliki kemungkinan enam kali lebih besar mengalami miokarditis, setelah tertular Covid-19 dibandingkan mereka yang telah divaksinasi.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...