Temui Pimpinan Slovenia, Jokowi Singgung Kebijakan Diskriminatif Sawit

Rizky Alika
2 November 2021, 18:59
Jokowi, Slovenia
BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Slovenia Janez Janza pada sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP26 di Scottish Event Campus, Glasgow. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan kebijakan diskriminatif Uni Eropa terkait sawit.

"Presiden kembali sampaikan concern (keprihatinan) terhadap kebijakan diskriminatif terhadap sawit," kata Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi dalam keterangannya, Selasa (2/11).

Namun, Retno tidak memerinci hal apa saja yang disampaikan Jokowi terkait kebijakan sawit tersebut. Adapun, kekhawatiran itu disampaikan lantaran Slovenia tengah memegang Presidensi Uni Eropa hingga Desember 2021.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap negosiasi Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA) akan segera diselesaikan. Saat ini, I-EU CEPA telah memasuki negosiasi putaran ke-11 dan akan diselesaikan pada musim gugur mendatang.

Kepala Negara juga menyampaikan upaya peningkatan kerja sama Indonesia dan Uni Eropa dengan Presiden Perancis dan Presiden Dewan Eropa pada sela-sela KTT G20. Nantinya, Perancis akan memegang Presidensi Uni Eropa mulai 1 Januari 2022.

Selain membahas kerja sama dengan Benua Biru, Jokowi juga mendiskusikan upaya penguatan kerja sama Indonesia dengan Slovenia. Slovenia pun memberikan perhatian besar terhadap Indonesia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...