Potensi Banjir Rob di 23 Wilayah Pesisir hingga Pekan Depan

Lavinda
Oleh Lavinda
18 Desember 2021, 09:05
Banjir
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah bocah bermain di dalam rumahnya yang tergenang banjir rob di Wilayah Lodan, Pademangan, Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di 23 wilayah pesisir Indonesia untuk waspada dengan potensi terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum dan potensi banjir pesisir atau banjir rob pada 18-22 Desember 2021.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, bersamaan dengan adanya fase bulan purnama dan kejadian curah hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia, hal itu dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan ketinggian banjir rob yang lebih signifikan.

Advertisement

Banjir rob berpotensi terjadi setidaknya di 23 wilayah di Indonesia, antara lain: Belawan, Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Lampung. Selanjutnya, di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Kemudian, di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Gorontalo. Lalu, di Ternate, Halmahera, Papua Barat bagian utara, Papua bagian utara, dan Merauke.

Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, "Seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," ujar Guswanto dalam keterangan tertulis, Jumat (17/12). 

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari gelombang tinggi dan pasang maksimum air laut, serta memperhatikan informasi terbaru cuaca maritim dari BMKG. Informasi dapat diperoleh melalui laman jejaring, call center BMKG, dan media sosial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement