Indofood Simpan 1 Juta Liter Minyak Goreng, Utamakan Pabrik Mi Instan

Lavinda
Oleh Lavinda
20 Februari 2022, 13:58
minyak goreng
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Warga mengantre untuk beli minyak goreng saat operasi pasar di Pasar Karangampel, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (17/2/2022).

Anak perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) mengklarifikasi temuan simpanan sekitar 1,1 juta liter minyak goreng di gudang produsen di Deli Serdang, Sumatra Utara. Menurut manajemen Salim Ivomas, minyak goreng tersebut merupakan pesanan dan siap didistribusikan ke pelanggan dalam beberapa hari ke depan.

Sebelumnya, Tim Satuan Tugas Pangan menemukan salah satu produsen di Lubuk Pakam, Deli Serdang, menyimpan lebih dari 1 juta liter minyak goreng.

"Semua stok yang tersedia, merupakan pesanan dan siap untuk distribusikan ke para pelanggan kami untuk beberapa hari ke depan," kata manajemen Salim Ivomas seperti dikutip Antara, Minggu (20/2).

Manajemen Salim Ivomas menjelaskan pabrik minyak goreng tersebut memprioritaskan pemenuhan kebutuhan minyak goreng untuk pabrik mi instan grup perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Deli Serdang. Hal ini demi memastikan suplai kebutuhan pangan tersedia dengan baik.

"Hasil produksi minyak goreng kami di Pabrik Lubuk Pakam, Deli Serdang, terutama digunakan untuk kebutuhan pabrik mi instan Indofood di wilayah Sumatera sebesar 2.500 ton/bulan," katanya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan sendiri, lanjutnya, kelebihan minyak goreng diproses menjadi minyak goreng bermerek dalam berbagai ukuran terutama kemasan 1 liter dan 2 liter sebanyak 550.000 karton/bulan. Minyak ini rutin didistribusikan kepada distributor dan pasar modern di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan dan Jambi.

"Salim Ivomas sebagai perusahaan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia senantiasa mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia. Dalam hal ini terkait dengan peraturan Kementerian Perdagangan," ujarnya.

Sebelumnya, Tim Satgas Pangan mendapati salah satu produsen yang berlokasi di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, menyimpan lebih dari satu juta liter minyak goreng.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...