PLN Pastikan Pasokan Batu Bara Cukup di Tengah Fluktuasi Pasar Global

Lavinda
Oleh Lavinda
6 Maret 2022, 11:50
PLN
PLN
Pembangkit listrik PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memastikan pasokan batu bara untuk kebutuhan pembangkit-pembangkit PLN di Tanah Air aman, di tengah fluktuasi harga di pasar internasional dan adanya perang Rusia dan Ukraina.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta PLN untuk melakukan transformasi dalam tata kelola energi primer. 

Salah satunya, dengan mengubah sistem pengadaan batu bara secara digital dan berkoordinasi dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dengan demikian, pengadaan batu bara untuk penyediaan listrik kepada masyarakat tetap terjaga.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, sesuai arahan Menteri ESDM dan Menteri BUMN, mekanisme pasokan kebutuhan batu bara sudah dibenahi oleh PLN.

"Ini dilakukan dengan melakukan kontrak jangka panjang dengan monitor kewajiban pemenuhan kebutuhan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) yang terpantau secara digital dan terintegrasi dengan sistem database di Kementerian ESDM sebagai regulator," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Minggu (6/3).

Menurut dia, tingginya harga batu bara akibat gejolak politik internasional sempat dikhawatirkan akan kembali mengganggu pasokan batu bara untuk kebutuhan pembangkit-pembangkit yang dioperasikan PLN. Namun berkat langkah PLN mengubah mekanisme sistem pemantauan batu bara dan transformasi berbasis digital, pasokan batu bara kini dalam kondisi aman.

Perubahan sistem kontrak berbasis digital yang dikelola PLN telah mengantisipasi kondisi fluktuatif harga batu bara di pasar internasional. "Rata-rata stok pembangkit sudah di atas 15 hari operasi (HOP),” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...