Kasus Covid-19 Bertambah 3.077, Angka Kematian Terendah Sejak Februari

Sebelumnya, pemerintah menegaskan penyelenggaraan ajang musik dan ekonomi kreatif sudah dapat digelar saat ini, karena situasi pandemi Covid-19 semakin terkendali.
Image title
Oleh Lavinda
27 Maret 2022, 23:46
Covid-19
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga saat Gebyar Vaksinasi Serentak di Gedung Islamic Center, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (26/3/2022).

Kasus harian Covid-19 kembali menurun pada akhir pekan ini. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan kasus Covid-19 pada Minggu (27/3) hari ini bertambah 3.077 kasus, lebih rendah dibandingkan tambahan kasus hari sebelumnya, yakni sebanyak 4.189.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, kasus aktif menurun 9.522 orang. Sebanyak 12.499 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh hari ini. Sementara itu, 100 orang meninggal dunia karena Covid-19.

Kasus paparan Covid-19 paling banyak masih terjadi di Jawa Barat dan DKI Jakarta masing-masing 686 dan 594 kasus. Diikuti dengan wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Banten masing-masing 277, 261, dan 253 kasus. Maluku merupakan satu-satunya provinsi yang melaporkan nihil kasus pada Minggu (27/3).

Penurunan penularan kasus harian ini juga diikuti dengan angka kematian yang juga semakin rendah. Ini merupakan kasus kematian terendah sejak 12 Februari 2022 yakni 107 kasus. Jumlah kematian paling banyak terjadi di Jawa tengah dan Jawa Timur masing-masing 33 dan 11 kasus.

Advertisement

Di sisi lain, jumlah kasus sembuh paling banyak terjadi di DI Yogyakarta, yakni sebanyak 4.022. Selanjutnya, di DKI Jakarta dan Jawa Barat masing-masing 1.386 dan 1.361.

Sebelumnya, pemerintah menegaskan penyelenggaraan ajang musik dan ekonomi kreatif sudah dapat digelar saat ini, karena situasi pandemi Covid-19 semakin terkendali. Syaratnya, konser digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) serta vaksinasi lengkap.

“Presiden (Joko Widodo) hadir sendiri dan memerintahkan kami dan Polri bahwa ajang musik dan ekonomi kreatif lainnya difasilitasi agar mendapatkan izin,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno seperti dikutip Antara, Minggu (27/3).

Menurut dia, Presiden Jokowi memerintahkan pihaknya memudahkan perizinan ajang musik maupun ekonomi kreatif, mengingat selama dua tahun terakhir pecinta musik dan seniman di Indonesia sudah rehat dalam mengadakan konser.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait