Dikritik DPR, Menlu Sebut akan Sambangi Negara G20 Bahas Konflik Eropa

Image title
6 April 2022, 19:40
G20
Youtube/Sekretariat Presiden
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengaku akan mewakili Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke sejumlah negara anggota G20 di Eropa dalam waktu dekat. Tujuannya, untuk mencari cara terbaik dalam mengatasi situasi konflik di antara Rusia dan Ukraina.

Menurut dia, Indonesia sebagai pemegang presidensi G20 sudah bergerak sejak awal untuk membantu penyelesaian konflik antara kedua negara di Eropa bagian Timur tersebut.

"Kita bisa berkontribusi memberikan masukan mengenai penyelesaian masalah Ukraina, karena kalau semakin panjang tidak selesai, dampaknya akan ke G20 dan ke kita semua,” kata Retno usai Rapat Kerja dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu (6/4).

Retno menegaskan, sejak awal, Indonesia memposisikan diri sebagai pihak netral yang mendukung perdamaian. Dalam berbagai perundingan intensif, Retno menyampaikan Indonesia tidak pernah melupakan elemen kemanusiaan di dalamnya.

Pesan-pesan tersebut yang akan terus dibawa dalam berkomunikasi dengan para pimpinan G20, mulai dari level presiden, menteri, sherpa, dan co-sherpa.

“Jadi secara paralel, kami terus melakukan komunikasi, konsultasi dengan semua negara anggota G20. Karena sekali lagi, penting untuk meng-address (mengatasi) isu atau situasi yang terjadi di Ukraina,” kata Retno.

Dalam diskusi di berbagai forum, termasuk G20, isu mengenai Rusia dan Ukraina akan terus muncul. Akan tetapi, sebagai presidensi G20, Indonesia juga memiliki tanggung jawab besar terhadap isu-isu di seluruh dunia. 

Sebelumnya, dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPR dengan Kemenlu, Anggota Komisi I, Effendi Simbolon menyarankan Presiden Joko Widodo bersama Menlu Retno Marsudi berkunjung langsung ke Rusia dan Ukraina.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...