PM Kanada Trudeau Minta Jokowi Tolak Kehadiran Putin di KTT G20

Ameidyo Daud Nasution
1 April 2022, 12:08
g20, jokowi, trudeau, kanada, putin, rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Blair Gable/AWW/sa.
Blair Gable Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menghadiri konferensi berita, karena upaya terus membantu memperlambat penyebaran penyakit virus corona (COVID-19), di Ottawa, Ontario, Kanada, Sela(25/5/2021).

Penolakan atas rencana kedatangan Vladimir Putin ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 terus bermunculan. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan dirinya tak ingin melihat Presiden Rusia itu hadir di Bali pada November mendatang.

Bahkan Trudeau telah mengatakan langsung hal ini kepada Presiden Joko Widodo selaku tuan rumah pertemuan pemimpin 20 negara ekonomi terbesar dunia tersebut.

“Sangat sulit bagi kami dan akan tidak produktif bagi G20,” kata Trudeau dikutip dari AFP, Jumat (1/4).

Trudeau mengatakan pertemuan G20 membicarakan pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia. Sedangkan langkah Rusia menginvasi Ukraina bisa menjungkirbalikkan pertumbuhan dan menimbulkan krisis.

“Intinya, tidak mungkin Vladimir Putin hadir di pertemuan dan berpura-pura semua baik-baik saja,” katanya.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendukung pengusiran Rusia dari G20. Sedangkan PM Australia Scott Morrison mengatakan Putin harus dilarang hadir dalam KTT G20 di Bali.

Meski demikian, Brasil dan Cina menentang langkah tersebut. Adapun Indonesia telah menyatakan netralitasnya akan mengundang semua anggota seperti yang telah dilakukan presidensi sebelumnya.

Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Penguatan Program-Program Perioritas Dian Triansyah Diani mengatakan Presidensi G20 Indonesia bersifat imparsial dan netral.  “Berdasarkan aturan dan prosedur seperti presidensi sebelumnya,” kata Dian dalam konferensi pers, Kamis (24/3) seperti dikutip dari Antara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...