Jakarta Kembali Jadi Kota Berkualitas Udara Terburuk di Dunia Hari Ini

Lavinda
Oleh Lavinda
17 Juni 2022, 08:55
Jakarta
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Deretan gedung bertingkat di Jakarta, Rabu (19/5/2021).

Lembaga data kualitas udara, IQ Air kembali menempatkan DKI Jakarta pada posisi pertama di dunia sebagai kota dengan kualitas udara terburuk, Jumat (17/6) pagi.

Pemandangan kabut menyelimuti gedung-gedung pencakar langit di Jakarta hari ini, mengindikasikan kualitas udara yang buruk di tengah cuaca Ibu Kota yang berawan.

Advertisement

Sebelumnya, pada Rabu (15/6) kualitas udara Jakarta juga menduduki posisi pertama di dunia dengan indeks kualitas udara tidak sehat mencapai 188 pada pukul 11.00 WIB.

Menurut laman jejaring IQ Air, mencatat kualitas udara di Jakarta hingga pukul 07.50 WIB tercatat mencapai indeks 160. Berdasarkan standar Amerika Serikat (AQ US), kualitas udara yang digolongkan dalam indeks 151 hingga 200 merupakan kategori udara yang tidak sehat.

Konsentrasi particulate matter (PM) 2.5 mencapai 14,6 kali lipat di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sebagai informasi, PM 2.5 merupakan polutan pencemar udara yang paling kecil dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari Antara, IQ Air menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker, menghidupkan pemurni udara, menutup jendela dan menghindari aktivitas di luar rumah.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement